MENIKMATI SENJA DI PANTAI ULEE LHEUE - BANDA ACEH

18.36
pelabuhan ulele
Menikmati senja di Pantai Ulee Lheue - Banda Aceh
Menikmati Senja di Pantai Ulee Lheue - Banda Aceh – Wisata Aceh : Berawal dari seorang kawan yang memasang foto dan status BBM yang mengatakan kalau dirinya tengah di Ulee Lheue - Banda Aceh, saya jadi latah komen dan menyarankan untuk mengunjungi Pantai Ulee Lheue pada sore hari.

Ulee Lheue *biasa dibaca Ulele* adalah nama sebuah gampong *setara kelurahan* di Aceh, tempat pelabuhan untuk penyeberangan ke Pelabuhan Balohan di Sabang, Pulau Weh berada. Karena berada di gampong Ulee Lheue makanya pelahan ini dinamakan Pelabuhan Ulee Lheue. Dan kawasan pantai yang terdapat di sepanjang jalan menuju pelabuhan tersebut dinamakan Pantai Ulee Lheue.

Pelabuhan Ulee Lheue dibangun pada tahun 2000, namun pada 2004 mengalami kerusakan  parah akibat bencana tsunami. Pada 2005 pelabuhan ini dibangun kembali.

Menghabiskan sore hari di Pantai Ulee Lheue pernah saya lakukan beberapa tahun lalu. Tepatnya pada penghujung Oktober 2013. Sudah hampir tiga tahun berlalu rupanya.

Kala itu saya tengah berlibur ke Banda Aceh sebelum melanjutkan ke Sabang. Menumpang di kontrakkan seorang kawan yang tengah S2 disana. Karena si kawan ada kuliah, ia tak bisa menemani jalan-jalan. Tapi baiknya ia meminjami saya sepeda motor. Jadi saya bisa berjalan-jalan sendiri.
Jalan-jalan seorang diri bukan masalah buat saya selagi ada uang di dompet dan pulsa di ponsel. Apalagi ada kamera dan sepeda motor, ya pas banget lah.

Baca Juga : Sabang, Surga Pariwisata Aceh di Ujung Barang Indonesia

Bagaimana saya bisa tau Pantai Ulee Lheue? Ceritanya paginya sebenarnya saya dan kawan saya sudah ke Pelabuhan Ulee Lheue untuk nyeberang ke Sabang. Tapi kami gagal berangkat karena suatu hal. Makanya menginap dulu di Banda untuk esoknya nyeberang ke Sabang.

Nah pas pagi ke Pelabuhan Ulee Lheue itulah saya memperhatikan kawasan sepanjang pinggiran laut yang menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue itu sepertinya tempat yang asik untuk menghabiskan waktu di sore hari. Apalagi kata teman saya sore hari banyak penjual jagung bakar di sepanjang kawasan itu. wah.. pas banget deh.

Dan sorenya, berbekal tanya sana-sini *saya susah nginget jalan boook, jadi walaupun paginya udah jalan kesini tetep aja pake acara nanya-nanya*, sampailah saya ke Pantai Ulee Lheue. Benar saja, sepanjang pinggiran jalan banyak penjual jagung bakar. Tanpa pilih-pilih saya memarkirkan sepeda motor di salah satu penjual *Iyalah nggak pilih-pilih, secara saya nggak punya rekomendasi mana jagung bakar terenak di wilayah ini*

wisata Aceh
Pengunjung Pantai Ulee Lheue tengah menikmati jagung bakar

jalan-jalan ke aceh
Minta tolong penjual jagung bakar buat fotoin :D
Duduk di kursi plastik, saya memesan seporsi jagung bakar pedas dan sebotol teh. Matahari masih cerah memancar tapi sudah mulai condong ke perbukitan di sebelah barat. Semilir angin bikin saya langsung betah. Apalagi sambil memandangi pantai yang tenang. Pantai Ulee Lheue memang bukan tipikal pantai yang landai dan kita bisa berlari-larian di atas pasir putih nan lembut layaknya pantai-pantai impian. Yang ada adalah pagar pembatas dan pantai yang tenang dan bening. Mungkin tenangnya Pantai Ulee Lheue karena ada semacam bedengan yang seakan berfungsi sebagai pembatas dan penghalang ombak laut. Saya kurang tau kenapa dibangun bedengan itu. Tapi memang hasilnya kawasan pantai ini jadi tenang. Palingan kalau ada angin yang sedikit kuat, air akan berkecipak kecil. Bening dan tenangnya pantai Ulee Lheue membuat pemandangan menjelang matahari terbenam di balik bukit jadi begitu menawan. Senja keemasan terpantul ke air pantai yang jernih bak cermin. Sungguh dramatis sekaligus romantis.

sore berawan
Dari cerah menjadi berawan. Sempat berpikir gak bakal bisa liat sunset disini

sunset
Eh ternyata nongol lagi mataharinya :D
Saya sungguh terkagum-kagum disuguhi pemandangan sore yang sangat apik itu. Jadi terbawa suasa syahdu dan terkenang masa-masa yang lalu. Bibir saya pun tak henti-henti mengucap syukur. Tuhan sungguh maha ahli menciptakan tempat-tempat indah di bumi ini. Termasuk di negeri ini. Dan saya sungguh beruntung dapat menyaksikan sendiri sebahagian kecil keindahan yang dimiliki bumi pertiwi.

beautiful sunset at ulee lheue beach banda aceh
Disuguhi pemandangan sore seperti ini, siapa yang nggak terkagum-kagum coba?!

pantai cermin aceh
Jepretan dari ponsel saya kala itu, Blackberry 9930

Matahari menghilang di balik bukit. Tapi masih meninggalkan semburat jingga di langit Ulee Lheue yang terpantul indah di pantainya. Saya sebenarnya enggan beranjak. Andai saja maghrib tak datang, mungkin saya pun tak akan bergerak ke arah pulang. Tapi begitupun saya tetap senang. Pengalaman menikmati senja di di pantai ini cukup membuat saya tersenyum kala terkenang. Bahkan meski telah sekian tahun berkelang.

Pernah kalian menikmati senja di Pantai Ulee Lheue - Banda Aceh? Pasti indah bukan?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

15 komentar

Write komentar
18 Juli 2016 21.42 delete

Rasanya dulu aku pernah ke sana juga, lupa saking lamanya :D. Duduk2 sore sambil nunggu sunset biasanya jadi sesuatu yang ditunggu2 kalo berlibur ke daerah pantai ya Di :). Kapan ya aku ke sana lagi? Rindu juga..

Reply
avatar
18 Juli 2016 21.42 delete

Rasanya dulu aku pernah ke sana juga, lupa saking lamanya :D. Duduk2 sore sambil nunggu sunset biasanya jadi sesuatu yang ditunggu2 kalo berlibur ke daerah pantai ya Di :). Kapan ya aku ke sana lagi? Rindu juga..

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
19 Juli 2016 03.10 delete

cantiknya senja di pantainya

Reply
avatar
muti mimut
AUTHOR
19 Juli 2016 06.29 delete

Saya pernah ke pantai Ulele sebelum tsunami, tentu sekarang kondisi dermaganya jauh berbeda yaa setelah diperbaiki...tapi pemandangannya tetap cantik

Reply
avatar
19 Juli 2016 14.23 delete

wihh seru nya menikmati senja di pantai ulele ini.. matahari yang menghilang di balik bukit menhantarkan warna jingga yang melambai dan terlihat indah pantulannya di pantai :)

Reply
avatar
19 Juli 2016 14.24 delete

Keren juga ya mbak sampai ada tempat makan juga di sisi sisi pantainya kalau ditempat saya mah tidak ada yang seperti itu palingan langsung berhadapan dengan lautnya.

Reply
avatar
20 Juli 2016 15.04 delete

Poto2 nya cakep manja, makan jagung bakar nya mesti nya di temenin kopi atau teh panas yaaa bukan teh botol hahaha

Reply
avatar
21 Juli 2016 10.38 delete

subbahanallah pemandangan yang sangat indah ya :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.21 delete

ya, indah sekali memang pemandangan di Pantai Ulee Lheue ini mas :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.22 delete

Semanja dirimu nggak mas? :D

mestinya gitu mas, cuma mereka jualnya teh botol, coba ja jyal kopi atau teh panas, mantep pisan euy :D

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.24 delete

iya tapi tempat makan jagung bakar sederhana gitu aja mas. tempat pembakaran jagung dan bangku/meja plastik sederhana saja. tapi begitupun sudah keren banget menurut saya :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.25 delete

memorable banget memang menghabiskan sore disini sambil menyaksikan momen matahari menghilang di balik bukit :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.26 delete

iya mbak, pemandangannya tetap cantik ya. saya pun percaya sekarang pemandangan disana masih tetap cantik seperti saat saya berkunjung :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 01.28 delete

wah.. saking lamanya ya kak sampe lupa. hayuuuk kesana lagi kak, bareng kita :D biar bisa menikmati senja di pantai Ulee Lheue bareng kita :)

Reply
avatar