INGIN SELALU TAMPIL GAYA?! KAMU HARUS BACA INI!

23.46
gaya trendi

Ingin Selalu Tampil Gaya?! Kamu Harus Baca Ini! : Meski ada kalimat yang mengatakan don’t judge a book by it’s cover yang berarti jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja, namun tak dapat dipungkiri bahwa bagaimana seseorang berpenampilan, sedikit banyak mempengaruhi penilaian awal kita terhadap orang tersebut.

Di jaman dimana orang berlomba-lomba mengaktualisasikan diri lewat berbagai hal yang ia kenakan, selalu tampil gaya dan trendi adalah salah satu hal yang selalu coba diwujudkan, khususnya oleh kaum urban masa kini. Lewat segala macam atribut yang dikenakan, tiap orang seolah mencoba untuk menunjukkan seperti apa tipe orang tersebut, seleranya, bahkan kelas sosialnya.
gaya
Orang cenderung menunjukkan pribadinya lewat apa yang ia kenakan
Namun begitu, masih banyak juga orang yang cuek dengan penampilannya. Atau orang-orang yang terlihat sudah berusaha untuk tampil maksimal namun justru merusak penampilannya sendiri. Orang-orang yang ingin bergaya tapi malah terlihat aneh dan mengundang tawa. Entah karena tidak pede atau justru terlalu pede. Yang pasti jika dilihat dari kacamata fashion, golongan orang-orang ini adalah golongan yang harus diselamatkan diberi pencerahan. Karena kalau dibiarkan justru akan merusak tatanan fashion itu sendiri *diiih… gaya saya ngomong bak pengamat fashion terkemuka saja. Padahal penampilan saya juga jauh dari kata fashionable*

Kira-kira, apa saja sih yang menghambat seseorang untuk selalu tampil gaya? Berikut ini saya rangkum faktor-faktor penghambat seseorang dalam bergaya berdasarkan pengamatan pribadi :

1. Kurang Percaya Diri
Ada orang-orang yang sebenarnya punya selera mode yang bagus. Menjadi pengamat mode yang kece bagi teman-temannya, tapi penampilannya sendiri terlihat jadul dan jauh dari tren fashion terbaru. Orang dengan tipe ini jauh di lubuk hatinya sebenarnya juga ingin menggunakan pakaian dan aksesoris model terbaru, tapi selalu merasa tidak pede untuk mencobanya.
confident
Nggak semua orang pede menggunakan pakaian yang sebenarnya ingin ia pakai. sumber foto disini
2. Cuek
Cuek terhadap fashion dan segala hal yang dikenakan bisa jadi karena beberapa hal. Bisa jadi karena memang ia tipe orang yang cuek. Memilih pakaian berdasarkan kenyamanan pribadi saat mengenakannya tanpa peduli pendapat orang. Bisa juga berawal dari rasa kurang percaya diri yang kemudian berujung cuek terhadap apapun yang ia kenakan.

3. Follower tulen
Maksudnya disini adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk selalu mengikuti apa yang sedang tren namun tidak mempedulikan apakah tren tersebut sesuai dengan dirinya, baik itu kepribadian maupun fisiknya. Yang terpenting bagi mereka adalah mengikuti tren *dalam hal ini tren fashion* fashion yang ada agar gayanya kekinian. Padahal belum tentu model tersebut terlihat bagus ia kenakan, atau warna dan padu padannya tidak nyambung hingga penampilannya justru hancur.
follower
sumber foto www[dot]idssmile[dot]com

4. No Budget
Tidak bisa dipungkiri bahwa produk fashion kadang harganya seakan tak masuk akal. Lihat saja misalnya tas para artis dan kaum sosialita yang bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Nah mindset gaya harus mahal masih banyak terpatri di kepala sebagian besar orang. Kalau memang punya budget untuk barang mahal penunjang gaya kita sih tak masalah. Yang jadi masalah adalah jika kita tidak punya cukup uang uang membeli barang bermerek dan mahal. Lalu berpenampilan asal-asalan karena merasa tidak sanggup beli.
no budget
sumber foto disini
5. Malas dan Tidak Punya Waktu untuk Belanja
Terdengar lucu ya, masak iya sih malas dan nggak punya waktu untuk belanja. Terdengar mustahil untuk kaum perempuan yang kadang tetap curi-curi nge-mall di tengah kesibukannya hanya untuk memenuhi hasrat belanja. Ada juga yang sampai mengalihkan dana bulanan demi membeli barang kesukaan yang sedang sale *yang ini jangan ditiru*. Tapi beneran loh, ada juga orang yang ketinggalan fashion karena males nge-mall gara-gara jalanan macet misalnya. Atau karena malas berebut barang sale dengan pembeli lainnya. Atau karena memang aktifitas sehari-harinya sudah sangat menguras tenaga dan waktu.
tak ada waktu
sumber foto disini
Nah, kira-kira hambatan kalian ada di nomor berapa sob?! Kalau saya mah jangan ditanya. Sebagian besar yang saya tulis itu terjadi di saya. Dari mulai saya yang memang cuek, selain itu saya juga nggak punya anggaran khusus untuk belanja-belinji selain yang memang dibutuhkan. Dan tentunya saya juga paling males nge-mall untuk urusan pilah-pilih barang di antara bejibun produk yang terpajang. Kalau nge-mall palingan buat hang out sama kawan-kawan *ciee.. hang out* itu pun jika ada paket promo murah di salah satu resto *dasar mental anak kos, maunya yang murah*.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jejaring pertemanan, saya semakin sadar kalau saya harus menunjukkan penampilan terbaik saya. Maka dari itu, saya pun mulai menyusun tips dan trik yang awalnya untuk diri sendiri, agar tetap tampil gaya namun nggak maksa. Saya tau, banyak di antara kalian yang sama seperti saya, pengen tetap gaya dengan segala keterbatasan yang ada. So, simak baik-baik tips & trik tampil gaya ala saya :

1. Be Yourself, Be Confident
Nggak usah malu untuk mengikuti kata hati. Jangan cuma jadi follower guys. Kita harus pede dengan selera kita. Dengan diri kita. Jika kita menyukai suatu hal, kenapa tidak dicoba meskipun sebelumnya tak pernah kita lakukan. Kalau sebelumnya tidak pernah memakai lipstik lalu sekarang merasa tertarik menggunakannya, ya gunakan saja. People change toh. Selagi menurut kamu hal itu masih sesuai dengan kepribadian kamu, why not. Saya dulu juga ngerasa nggak banget untuk pakai heels, tapi sekarang mulai tertarik untuk memakainya setelah sadar kalau beberapa baju akan terlihat menarik saya kenakan saat saya menggunakan heels.
model heels trendy
sumber foto : heelgrips[dot]net
2. Perluas Wawasan tentang Fashion
Ini penting loh supaya apa yang kita kenakan nggak justru merusak penampilan kita. Kenali fisik kita. Tinggi dan berat badan, warna kulit, kontur wajah. Ini penting agar kita tau produk seperti apa yang cocok kita gunakan. Sering-sering baca buku dan majalah tentang fashion dan make up, bisa juga dengan bertandang ke blognya fashion and beauty blogger. Kalau saya biasanya suka juga nonton ajang-ajang pencarian bakat karena biasanya ada juri yang khusus mengomentari tentang penampilan fisik si kontestan. Biasanya si juri banyak memberi tips agar penampilan kita tanpa cela.
tampil modis
perluas wawasan dengan sering membaca berbagai artikel mengenai gaya dan tren terbaru. sumber foto : www[dot]kesekolah[dot]com 

Memiliki wawasan tentang berpenampilan yang baik itu perlu guys. Kan nggak lucu kalau barang-barang mahal yang kita kenakan malah ditertawakan orang hanya gara-gara kita nggak paham bagaimana memadu-madankan warna baju dan aksesoris misalnya.

3.Murah Bukan Berarti Murahan
Tampil gaya nggak harus mahal guys. Nggak harus barang branded. Asal pandai memadu-padankan pakaian dan aksesoris serta make up, kita akan tetap tampil kece kok. Produk-produk lokal juga banyak yang bagus untuk menunjang penampilan. Apalagi produk-produk UKM kita yang sebenarnya nggak kalah sama barang branded. Menggunakan produk lokal tidak hanya membantu para UKM loh guys, tetapi juga berarti kita turut memajukan perekonomian masyarakat negeri kita sendiri. Selain itu juga sekaligus melestarikan warisan budaya, karena biasanya produk UKM itu seringnya handmade dan memiliki ciri khas etnis tertentu. Bangga dong ya?! Iya lah, siapa lagi yang bangga menggunakan produk lokal selain kita sendiri. Ya nggak.

4. Malas Nge-mall? Kan ada E-Commerce
Sekarang emang jamannya praktis. Malas masak, tinggal catering ataupun makan di luar. Malas nyuci tinggal loundry. Inovasi dan perkembangan teknologi hadir untuk menjawab segala tantangan kemalasan #eh.

Iya jadi kalau gaya kita nggak update cuma karena malas atau nggak punya waktu ke mall, itu mah bukan lagi alasan. E-commerce kan ada. Banyak lagi pilihannya. Semuanya hadir menawarkan berbagai kelebihan yang mereka miliki. Kita tinggal memanfaatkan gadget kita dan modal beli quota doang *kalau quota pun nggak ada, cari wifi gratisan sono*. Tinggal klik alamat websitenya, dan pilih deh barang sesuai selera. Nggak perlu meluangkan waktu khusus dan capek-capek ke mall kan.

Belanja di e-commerce bisa dilakukan kapan saja. Sambil leyeh-leyeh di rumah, sambil nunggu bus di halte, atau bahkan saat menunggu antrian.
Namun begitu tetap harus diperhatikan guys, mana e-commerce yang benar-benar dapat dipercaya dan tidak mengecewakan saat barangnya datang. Untuk itu harus check & recheck dulu sebelum memutuskan akan berbelanja di salah satu e-commerce ya guys.


Yaps.. itulah hal-hal yang perlu kalian perhatikan jika ingin selalu tampil gaya. Namun yang harus diingat adalah, selain penampilan yang baik lewat berbagai atribut yang kita kenakan, sikap dan perilaku yang baik adalah hal utama yang tidak boleh kita lupakan. Karena keren dari luar saja tidak cukup jika tidak ditunjang dengan ‘kekerenan’ dari dalam hati *mau bilang kecantikan dari dalam atau inner beauty kok kesannya cewek banget ya. Jadi pakai kata ‘kekerenan’ aja deh biar netral*. Orang yang berwawasan luas dan berperilaku baik itu juga bagian dari gaya loh, catet :D

Terakhir nih ya, bergayalah sesuai kepribadian kalian. Be yourself, be confident, dan tetap cintai produk-produk dalam negeri. Salam penuh gaya :D

Ada yang punya tips & trik jitu untuk selalu tampil gaya? Silahkan ditambahkan :)



Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Tira Soekardi
AUTHOR
19 April 2016 03.03 delete

wah aku termasuk yang cuek deh. Suka yang prasktis , gak ribet

Reply
avatar
19 April 2016 07.57 delete

iyah sukanya nunggu baju lungsuran emak wkwkwkwk

Reply
avatar
Wida Zee
AUTHOR
19 April 2016 08.08 delete

Yang penting percaya diri dulu yah kak, kalau aku pribadi kalau tentang pesyen dan mau tampil modis nggak harus memakai barang-barang yang brendit atau mahal yang penting nyaman dan terlihat bagus ketika di pakai hehehe :)

Reply
avatar
20 April 2016 06.51 delete

sama mbak, aku juga gitu :D

Reply
avatar
20 April 2016 06.53 delete

aku dulu pas masih SD-SMP juga sering pakai baju lungsuran emak pas masih muda. herannya kok ya masih ada ya kan :D

Reply
avatar
20 April 2016 06.55 delete

iyaps, yang peting percaya diri dulu neng Wida :D percuma kan kalau orang bilang kita keren tapi kitanya nggak pede :D

hiyaps.. selain gaya, juga harus diperhatikan sisi kenyamanannya :D

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
20 April 2016 08.30 delete

wah keceee nih aku jadi tau apsti lahir di bulan November ya hehe... wah boleh juga deh yuk kita coba... gaya dikit juga boleh dah... sapa tau jadi keren nih hehe

Reply
avatar
Dwi Puspita
AUTHOR
20 April 2016 13.56 delete

percaya diri donk pastinya :) harus nomer satu

Reply
avatar
21 April 2016 06.42 delete

kalau udah tau bulan November lahirnya, jangan lupa siapin kadonya ya, ihihiii..


yups... tak masalah bergaya asal jangan berlebihan. karena yang berlebihan itu nggak bagus :)

Reply
avatar
21 April 2016 06.42 delete

iyeess mbak. apapun ceritanya, kita harus tetap percaya diri :D

Reply
avatar