LIGA BLOGGER INDONESIA : BERSAHABAT DAN BERKOMPETISI, BISAKAH?!

liga blogger indonesia lbi 2016
Liga Blogger Indonesia (LBI) 2016
Liga Blogger Indonesia : Bersahabat dan Berkompetisi, bisakah?! - Namanya kompetisi, pasti tak terlepas dari kompetitor, ada yang menang dan ada yang kalah. Dan biasanya, karena terpatok pada kata menang kalah, saat berkompetisi kita terlalu fokus pada satu tujuan, meraih predikat sebagai pemenang.

Karena hal tersebut, seringnya kita terlalu sibuk untuk mengetahui segala hal tentang kompetitor kita, mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangannya, lalu mencari cela untuk menaklukkannya, dan predikat pemenang pun bisa kita dapatkan dengan gemilang. Sampai disitu saja kah makna berkompetisi? Saya rasa tidak. Selain hubungan kerivalan, sebenarnya kita punya pilihan lain agar bisa sama-sama keluar sebagai pemenang : menjadikannya sahabat.

Menjadikan kompetitor sebagai sahabat, memangnya bisa?! Tentu saja bisa. Seperti di Liga Blogger Indonesia (LBI) 2016 yang akan berlangsung dari Januari 2016 nanti. 85 blogger siap berkompetisi dan bersahabat disini melalui kegiatan saling mengunjungi blog masing-masing peserta yang tergabung dalam 1 grup, berkomentar dan memperoleh point. Kegiatan saling mengunjungi ini bisa saja berujung pada perkenalan pribadi yang berkelanjutan. Entah itu sebatas rajin saling berkunjung di blog, atau saling follow akun sosmed, kemudian berteman, saling mengenal secara pribadi, memutuskan untuk bersahabat, pacaran, atau malah langsung lamaran *heuuu.. ini imajinasi kok entah kemana-mana*

Selain mendapat teman sesama blogger, peraturan posting tema bebas dan tema tertentu dengan tenggat waktu juga memberi pelajaran dan pengalaman tersendiri baik bagi diri si peserta ataupun bagi blog peserta. Buat saya yang ilmu blognya masih seuprit dan ngeblognya masih labil, ketentuan untuk memposting dengan tenggat waktu itu melatih saya untuk disiplin ngepost. Ditambah lagi dengan postingan tema tertentu, saya jadi belajar untuk menulis sesuai tema, entah itu saya suka atau tidak suka dengan tema tersebut. Saya belajar untuk mengerjakan dengan sebaik mungkin tugas yang diberi meski mungkin tak menyukai temanya. Toh hidup tak melulu tentang hal-hal yang kita suka, tetapi juga hal-hal yang tidak kita suka dan belajar menyikapi dengan cara yang membuat kadar kebahagiaan hidup kita tidak berkurang *hmm.. mulai melebar ngomongnya -_-*

Pengalaman belajar dan mendapat kenalan baru sesama blogger inilah alasan saya untuk mendaftar LBI 2016. Harapannya sih, setelah ikut LBI bisa jadi lebih disiplin ngeblognya, dan tentunya jadi lebih banyak teman yang buat blog saya jadi rame nggak hanya saat LBI berlangsung, tetapi seterusnya *aamiin*

Nggak perlu iming-iming hadiah untuk membuat saya daftar LBI kemarin. Soalnya memang saya nggak tau hadiahnya apa. Kemarin cuma tau dari grup line Blog M *Blogger Medan, komunitas para blogger di Medan* kalau LBI 2016 udah buka pendaftaran. Saya langsung aja klik link yang mengarah ke form pendaftaran. Isi form dan jadilah saya terdaftar sebagai salah satu calon peserta. Udah gitu aja. Sampai tulisan ini dibuat pun saya nggak tau ada hadianya atau nggak hahhaaa.. ya maklumlah, tujuan saya kan sama dengan alasan saya ikutan LBI, nyari teman dan nambah pengalaman. Lolos babak kualifikasi ya syukur, nggak masuk ya minimal udah ada 87 alamat blogger lain yang bisa saya kunjungi waktu BW :)

Berhubung ini kali pertama ikutan LBI, jadi saya belum punya kritikan apa-apa. Malah pengen kasih applause buat penyelenggara, soalnya ajang ini kan jadi buat semangat ngeblog, secara ketentuannya masing-masing peserta dalam satu grup harus saling mengunjungi dan berkomentar, kan senang kitanya kalau blognya rame. Sarannya sih bagusnya LBI ini dijadikan agenda tahunan, bila perlu agenda semesteran, biar dunia blogging di Indonesia terus bergejolak dan bergerak, berkompetisi dan bersahabat sesama blogger :)

Kalian ada yang ikut LBI 2016? Apa alasannya ikutan?!

Share:

34 komentar

  1. Memang tahunan mbak, paten ah mirip tulisan jurnalis ada pengantarnya, dan banyak hal yg dikaitkan, ah ini jago ini, jangan dikeluarin semua ilmu nulisnya ya mbak kasih poin sama aku yg baru belajar ini.

    Jangan lupa post di twitter juga, cek tata caranya kirim post kak, soalnya kakak gk ada tuh di twit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaiii.. masih seuprit ilmuku bang Yoga, masih perlu banyak belajar lah. sama-sama belajar kita disini semua ya kan bang :)

      udah kupost di twitter kok bang, makasih udah diingetin :)

      Hapus
  2. Semangat kakak,, semoga kita bisa bersahabat dengan Blog sendiri, dengan para blogger yang berkompetisi juga,,

    @rudihartoyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat juga buat bang Rudi ya :)

      iya bang, tujuannya ya memang itu, bersahabat dengan blog sendiri dan blogger lainnya :)

      Hapus
  3. Saik dah nih. Keren. Emang harus ada semacam paksaan sih ya biar tetep eksis ngeblog. By the way, Mbak kalo juara hadiahnya buatku aja, ya... hehehe =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih bang Iqbal.

      iya, untuk awal-awal memang perlu dipaksa sepertinya bang, nanti lama-lama kebiasaan juga dan blog jadi eksis deh hehhehee..

      memang hadianya apa ya?! *BeneranNggakTau :)

      Hapus
  4. Yuk, mbak, kita ketemu di 10 besar nanti. Tetap semangat dan optimis, ya, Mbak. Menang kalah kita tetep dapat hadiah kok, teman baru juga pengalaman baru. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, hayuk mbak, semoga kita ketemu di 10 besar ya. kalaupun nggak ketemu, seenggaknya kita udah kenal disini dan bisa silaturahmi via blog lagi ke depan :)

      Hapus
  5. iyah sih sederhana aja, lbi sebagai ajang persahabatan kak. selamat bertanding :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Iyah, selamat bertanding juga buat Iyah :)

      Hapus
  6. semoga kita bisa bersahabat dan berkompetisi secara fair mbak,,
    tentunya untuk menambah pengalamanan dan kenalan,,
    salam kenal
    @aleksdejavu

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas Aleks, senangnya itu disini ya itu mas, pengalaman nambah teman pun nambah :)

      Hapus
  7. Salam kenal, semoga bisa jadi sahabat, tapi tetap berkompetisi di LBI ini.
    LBI ini memang tahunan. LBI 2016 adalah musim keempatnya.
    @aritsantoso

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah 4 tahun berarti ya, saya baru ikutan musim ke 4, berarti LBI udah melahirkan peserta-peserta yang handal di musim sebelumnya ya mas :)

      salam kenal hjuga mas Arit, mari bersahabat dan berkompetisi :)

      @QuelleIdee07

      Hapus
  8. Wih keren, gambarnya pakai benang. Kalau kenalan baru sih tentu dapat, karena dilihat dari jumlah peserta aja sih. Semangat, ya!! Salam, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan lagi belajar macrame mbak Dini, jadi ada benang di rumah, sekalian aja kau buat foto pendukung postingan hehhehee.. semangat juga buat mbak Dini ya :)

      Hapus
  9. Setuju kak, kompetisi gak selalu soal hadiahkan
    Dapat kawan-kawan baru malah lebih seru :)

    @Lily_Nur

    BalasHapus
  10. mau dong bekawan sama kamu, biar kita bisa lebih dekat satu sama lain, mana tau jodoh eh hehehe

    semoga konsistensi nulis terus menghantui jadinya rajin update blog ya kan kak november

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuk bekawan kita...

      aamiin, asal jangan hantu beneran aja yang menghantui ya bang KBK ;)

      Hapus
  11. Ajang berkompetisi, bersahabat dan juga mencari jodoh kata mas @iniyuha
    Semoga dunia blogger indonesah raya makin jaya
    @ramlimuhamad

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...

      Jodoh pasti bertemu kalau kata Afghan bang Ramli :D

      @QuelleIdee07

      Hapus
  12. wah ini peserta kayaknya serius nyari jodoh di LBI. wkwkwk...

    @f_nugroho

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaaiii... buat canda-candaan aja mas, biar jangan serius banget nulisnya *dan bacanya* hehhehee..

      Hapus
  13. Yang nyenengin emang prosesnya ya, Kak. Hadiah sih bonus aja ehe

    @umimarfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, hadiah itu bonus, prosesnya ini yang seru :)

      @QuelleIdee07

      Hapus
  14. Justru bagi saya ini namanya bertanding demi sebuah persahabatan, bukan malah sebaliknya. Dan musuh sebenarnya di kompetisi ini adalah diri kita sendiri, bukan orang lain karena berdasarkan pengalaman kalahnya bukan karena lebih baik dari para kompetitor melainkan karena lalai mengikuti semua persyaratan sampai selesai. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas. seperti kata orang bijak, yang sulit itu bukan mengalahkan orang lain, tapi mengalahkan diri sendiri. mengalahkan kemalasan kita, rasa pesimis kita, rasa sombong dan ego kita sendiri :)

      Hapus
  15. Wah, asyik juga ya ikutan LBI, jadi pengen ikutan deh. Soalnya belum pernah ikutan. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik dan seru..

      season 4 sudah tutup pendaftarannya, tunggu taun depan kalau mau ikut :)
      saya juga baru pertama kali ini ikutan :)

      Hapus
  16. Aku jadi penonton aja lah ya... secara belum bisa nyemplung ikutan Liga Blogger kali ini. Tetep semangat untuk ngeblog ya Di !

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, awak pun ini nekat-nekat jambu ikotnya. padahal ngeblognya masih labil hehhee..

      Hapus
  17. Indahnya berkompetesi sambil bersilahturahmi :D
    Yok sama2 berjuang di heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik kalau gini ya bang, kompetisinya dapet, silaturahminya juga dapat :)

      Hapus