DIREPOTKAN TEMAN, HARUS SENANG ATAU??!

19.26
direpotkan teman, harus senang atau??!

Direpotkan Teman, Harus Senang Atau??! - Pernah merasa direpotkan oleh teman kita? Apa yang ada dipikiran sahabat TRP saat teman kalian merepotkan kalian? Marah, kesal, atau bahkan tak mau lagi berteman dengan orang tersebut. Sebaliknya, pernah merepotkan teman kalian? Bagaimana perasaan kalian saat itu? Senang, sungkan, atau sedih?

Seringkali kita merasa kesal dan keberatan saat teman kita merepotkan kita dengan hal-hal yang menurut kita tidak ada untungnya buat kita. Bahkan merasa rugi. Rugi waktu, tenaga, pikiran, atau bahkan materi. Seringkali kita ingin menolak namun merasa sungkan karena takut dianggap tak setia kawan. Jadilah kita membantunya namun dengan setengah hati dan bersungut-sungut dalam hati. Parahnya lagi, si teman kita itu seperti tak kenal lelah untuk merepotkan kita. Sedikit-sedikit minta tolong. Untuk hal-hal sepele dan bisa diselesaikan sendiri pun masih saja minta tolong kita. Jika sesekali kita menolak, ia pun memohon dengan rengekan seperti anak kecil. Dan kita lagi-lagi harus takluk dengan rengekannya, pastinya dengan bersungut kesal 

Dulu, dulu sekali, penulis juga pernah merasa demikian. Kesal saat teman meminta tolong yang merepotkan. Tapi pernah suatu kali, saat penulis memiliki suatu masalah dan harus merepotkan seorang teman. Penulis pun memilah teman mana yang akan penulis mintai tolong (baca: repotkan). Tidak semua teman tentunya. Hanya beberapa teman saja, teman yang ketika penulis repotkan, penulis merasa nyaman. Nyaman disini bukan berarti penulis senang karena sudah merepotkan teman. Tapi nyaman karena penulis merasa percaya untuk berbagi kesusahan dengan orang tersebut. Penulis merasa ada kedekatan dengan mereka dan melihat bahwa mereka adalah orang-orang baik dan tulus. Perasaan itu timbul tidak pada semua teman. Tidak juga terhadap teman-teman yang telah lama penulis kenal. Terkadang malah penulis merepotkan teman yang baru saja penulis kenal. Tapi entah kenapa penulis merasa nyaman ketika meminta tolong padanya.

Sejak saat itu, jika ada teman yang meminta tolong dan membuat penulis kerepotan, yang penulis rasakan justru senang. Senang karena sudah membantu teman tersebut. Senang karena penulis yakin, ketika teman tersebut meminta tolong pada penulis, bukan karena ingin merepotkan, tapi karena ia percaya pada penulis.

Nah, sahabat TRP. Berbahagialah jika sahabat kalian merepotkan kalian dengan berbagai masalahnya. Itu artinya ia menganggap kalian adalah seseorang yang baik dan tulus. Seseorang yang pantas menjadi sahabatnya. Seorang teman yang tidak hanya bisa diajak berbagi suka, tetapi juga duka dan tangis. Artinya juga bahwa kalian adalah orang yang bermanfaat. Kalau bukan sahabat, memangnya siapa lagi yang akan kita repotkan selain keluarga. Lagipula, pada saat-saat tertentu kita juga akan merepotkan orang lain kan.
***
NB : Terbit di rubrik TRP, Analisa Minggu 02 Agustus 2015 dengan judul “Direpotkan Teman”

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
6 Agustus 2015 19.29 delete

hihi, bisa untuk diterapkan. Saya dulu merasa agak risih,. Namun semakin ke sini saa sadar, bahwa semua itu bagian dari kebaikan. Jadi kita bisa berbagi dari hal terkecil

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 22.27 delete

benar mas, memang sudah seharusnya, semakin bertambah usia dan pengalaman, semakin bijak juga cara berpikirnya :)

Reply
avatar
17 Agustus 2015 14.45 delete

kalo saya sih, kalo emang bener2 gak bisa bantu ya jujur aja, drpd setengah hati dan gak ikhlas..

Reply
avatar
turyono ari
AUTHOR
17 Agustus 2015 14.59 delete

Ayo dong kak repotin aku, repotin aku.. hehehe...

Jadi intinya harus saling bantu membantu tapi kalau emang gak bisa ya jelaskan dengan baik pasti ngerti kok :D

Salam kenal..

Reply
avatar
18 Agustus 2015 08.39 delete

sudah sepantasnya kita saling membantu di hal-hal yang kita bisa bantu... kalau di hal yang kita bisa bantu saja masih berhitung bagaimana di hal yang yang memang tidak bisa membantu...

Reply
avatar
Ratna Sari
AUTHOR
18 Agustus 2015 10.51 delete

saling membantu dengan ikhlas itu lebih enak :)

Reply
avatar
Awan Irawan
AUTHOR
18 Agustus 2015 14.58 delete

jangan setengah hati ya, ditambah setengah lagi bisa kan? :)
kita juga tak mungkin selamanya tidak punya maslah dan tidak mungkin tidak memerlukan teman.apapun yang kita bisa lakukan lakukanlah dengan sepenuh hati, karena apapun yang dilakukan sepenuh hati akan selalu berkesan dihati :)

Reply
avatar
19 Agustus 2015 08.53 delete

Kalau memang teman benar2 membutuhkan bantuan, InsyaAllah aku pun akan dengan ikhlas membantu mbak...
Itulah gunanya teman kan :))

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.24 delete

iya mbak, yang penting ikhlas membantu ya kan :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.25 delete

benar sekali mas. tolong-menolong itu jangan pakai berhitung ya kan :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.26 delete

iya, bener banget mbak :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.27 delete

benar, kita nggak selamanya senang terus. ada masanya kita juga bakal ngerepotin temen :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.28 delete

iya mbak, salah satu gunanya teman adalah untuk menemani (membantu) saat kita kesusahan :)

Reply
avatar
Eksa Studio
AUTHOR
26 Agustus 2015 06.15 delete

Tergantung kondisi sih mbak kalau saya mah :D
Kalau lg free dan bener bener gak ada sesuatau yg saya kerjakan gak masalah sih membantu teman ..

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
26 Agustus 2015 08.50 delete

iya mas, ini lebih kepada apa yang tersimpan di lubuk hati :), apakah ikhlas membantu, atau bersungut-sungut dalam hati :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
26 Agustus 2015 08.50 delete

iya mas, ini lebih kepada apa yang tersimpan di lubuk hati :), apakah ikhlas membantu, atau bersungut-sungut dalam hati :)

Reply
avatar
moh fauzi
AUTHOR
26 Mei 2016 04.21 delete

bener banget harus iklash klw tolong menolong yang pnting liat situasi n keadaan serta teman yg kita tolong seperti apa si dianya.... klw dia oportunis, suka memanfaatkan istilah kata lain benalu atw parasit gawat tu. contoh pinjam uang eh diax gak bayar utangnya, udah ditolong besoknya klw ketemu pura.'gak kenal ama kita gawat tu hahahaha. . .

Reply
avatar
28 Mei 2016 13.04 delete

saya punya tuh mas temen jenis ini. kalau dia mau pinjam uang, saya lihat dulu sih urgensitasnya. kalau memang penting banget dan saya ada, saya usahakan bantu. tapi kalau nggak begitu penting ya saya saranin dia buat alternatif lain selain berhutang. soalnya ntar dipinjemin juga susah bayar :D

Reply
avatar
28 Mei 2016 13.04 delete

saya punya tuh mas temen jenis ini. kalau dia mau pinjam uang, saya lihat dulu sih urgensitasnya. kalau memang penting banget dan saya ada, saya usahakan bantu. tapi kalau nggak begitu penting ya saya saranin dia buat alternatif lain selain berhutang. soalnya ntar dipinjemin juga susah bayar :D

Reply
avatar
Sharon Berger
AUTHOR
25 Juni 2016 04.20 delete

Tepuk tangan! Tepuk tangan! Hore teman terkasih, apakah Anda membutuhkan pinjaman atau sedang mencari cara untuk mendapatkan satu, atau mungkin Anda ditolak oleh bank karena status kredit yang buruk Anda, dan mereka menolak untuk memberikan, dan sekarang Anda berpikir bahwa semua harapan hilang , tidak, sayangku semua harapan tidak hilang. Ada datang tempat solusi untuk semua kekhawatiran Anda dan kecemasan. Berikut adalah master perencana SHARON BERGER PINJAMAN PERUSAHAAN. Kami menawarkan pinjaman kami di tingkat bunga 2% untuk semua atau orang, perusahaan atau perusahaan. Anda dapat menghubungi kami hari ini di ([email protected]) untuk pinjaman mudah dan dapat diandalkan, tugas kita untuk membantu Anda keluar dari situasi Anda dan mengakhiri kecemasan dan kecemasan

Email: [email protected]

Reply
avatar
Joy Wilson
AUTHOR
14 Juli 2016 09.17 delete

Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: [email protected]

Reply
avatar
5 Maret 2017 02.45 delete

Good Day Dear Loan Seeker,

Do you need an urgent financial credit ***? * Very fast and direct transfer to your bank account * Repayment starts eight months after you get the money bank account * Low interest rate of 1% * Long-term repayment (1-30 years) Height * Flexible ***then monthly payment *. How long will it be financed? After submitting the application *** You can expect a preliminary answer less than 24 hours funding in 72-96 hours after receiving the information they need yours.

If you are interested contact us via: [email protected] and fill out the below loan application form.

Loan application form:
Full Name:....................
Country:.....................
State:..............
City:..............
Sex:.........................
Phone Number:...........
Loan Amount :...........
Monthly income:..........
Occupation:................... ....
Loan Period:....................... ................
Purpose of Loan:......................... ...........
E-mail address:...................... ................
Have You Applied Before?....................

We awaits your urgent application form to be filled ok. Email Us: ([email protected])

With Best Regards.
Mrs. Pranchment Dura
Company Name: HITITI SERAMIK GENERAL MUDURLUK
Emaill Address: [email protected]
Emaill Address:[email protected]
Emaill Address:[email protected]

Reply
avatar