5 TIPS BERMANFAAT UNTUK KAMU YANG HOBI MEMBACA

20.04
5 Tips Bermanfaat untuk Kamu yang Hobi Membaca
5 Tips bermanfaat untuk kamu yang hobi membaca


5 Tips Bermanfaat untuk Kamu yang Hobi Membaca : Membaca novel terbaru pasti akan sangat menyenangkan. Ini adalah sebuah kebahagiaan bagi para pecinta buku. Mereka yang hobi membaca pasti akan merasa sangat senang jika bisa menikmati novel terbaru dengan cerita yang menarik untuk disimak. Kalau sudah jatuh cinta pada buku, apapun dilakukan demi bisa menikmati buku yang diinginkan.


Memiliki hobi membaca adalah sebuah nilai lebih bagi siapa saja. Membaca merupakan suatu kegiatan yang positif dan bisa memberikan banyak manfaat. Lewat membaca, kita bisa memperluas wawasan dan mendapatkan banyak inspirasi. Lewat membaca pula kita bisa sejenak terlepas dari penatnya rutinitas sehari-hari dan terlelap dalam kisah yang indah dari buku yang kita baca.


Tak sedikit orang di Indonesia yang memiliki hobi membaca buku. Bahkan banyak yang sudah terbiasa membaca buku dan memiliki hobi ini sejak mereka masih kecil. Bagi kamu yang gemar membaca novel terbaru atau jenis buku apapun, perlu diketahui bahwa ada tips-tips bermanfaat yang bisa kamu lakukan. Apa saja itu?


Tips untuk Pembaca Buku
Kebiasaan membaca buku harus dipertahankan karena bisa memberikan banyak manfaat. Namun, kebiasaan ini juga harus diterapkan dengan cara yang tepat. Bagi kamu yang hobi membaca buku, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya hobi kamu ini semakin menyenangkan untuk dilakukan.


Berikut adalah 5 tips bermanfaat untuk kamu yang memiliki hobi membaca buku :

1. Buat List Membaca
Ada banyak sekali buku yang bisa kita baca. Bagi mereka yang hobi membaca, seringkali kebingungan memilih buku untuk dibaca dan akhirnya kewalahan. Sebaiknya buatlah list atau daftar buku yang ingin dibaca. Kamu bisa membuatnya dalam hitungan bulan maupun tahun. Satu per satu, bacalah buku yang ada di dalam daftar.


2. Hindari Membaca dengan Posisi Tiduran
Membaca buku sambil tiduran memang sangat nyaman dilakukan tapi ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Pastikan kamu membaca dengan posisi yang tepat dan nyaman. Jangan membaca sambil berbaring, lebih baik membaca pada posisi duduk dengan jarak pandang yang wajar.


3. Jangan Membaca dengan Cahaya Redup
Selain tidak boleh membaca dengan posisi tiduran, kamu juga tidak diperbolehkan membaca dengan kondisi penerangan yang redup. Mata akan cepat lelah dan pedih jika kita membaca di tengah kondisi cahaya yang redup.

Jadi, pastikan kamu membaca di tempat dengan penerangan yang cukup.


4. Pilih Bacaan yang Kamu Sukai
Tidak semua jenis buku harus kita baca. Jika kamu dipaksa membaca buku yang tidak kamu suka, mungkin kamu akan merasa malas membaca. Lebih baik, pilihlah jenis buku yang kamu sukai. Pilihlah genre yang paling menarik menurut kamu dan jangan memaksakan diri. Jika kamu membaca buku yang kamu suka, maka akan lebih mudah untuk memahami makna dari buku tersebut.


5. Simpan Buku dengan Benar
Simpanlah koleksi buku kamu dengan cara yang tepat. Siapkan rak khusus untuk menyusun buku-buku kamu. Jangan lupa, simpan kondisi buku di tempat yang tidak lembab dan bersihkan buku-buku secara teratur. Jika kita menyimpan dengan cara yang tepat maka buku-buku tersebut bisa terjaga kondisinya dan tidak rusak.


Itulah tadi 5 tips bermanfaat yang bisa dilakukan oleh para pecinta buku. Jika kamu juga hobi membaca dan ingin menambah koleksi buku kamu, silakan langsung berbelanja di Bukalapak. Tersedia toko buku online di Bukalapak yang menawarakan beragam pilihan genre buku termasuk novel terbaru untuk kamu.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »