SEDANG MERENCANAKAN KEHAMILAN? BACA INI DULU!

21.25
prenagen
Sedang merencanakan kehamilan? baca ini dulu!

Sedang Merencanakan Kehamilan? Baca Ini Dulu! : Hamil. Hayooo siapa yang sedang merencanakan kehamilan? Saya ada sih rencana, tapi sebelumnya mau nyari partnernya dulu yang halal ehehhee…


Walau belum pernah ngerasain hamil, tapi menurut saya hamil dan melahirkan itu adalah suatu momen ajaib dan menakjubkan bagi seorang perempuan. Ada yang penuh drama morning sick, ngidam aneh-aneh, sampe yang musti penuh perjuangan karena alasan tertentu.


Ada orang-orang yang begitu mudahnya hamil. Ada yang musti menemui beberapa dokter untuk konsultasi dan ikut progam kehamilan. Pokoknya ada begitu banyak cerita yang saya suka bilang ‘wow’ saking takjubnya kalau dengar cerita-cerita seputar usaha memiliki dan merawat anak.


Minggu kemarin, saya mengisi weekend saya dengan hadir ke acara PRENAGEN Pregnancy Educational Jurney (PPEJ) 2017 di Grand Aston City Hall Medan. Medan merupakan kota ke-empat dalam rangkaian event PPEJ 2017 ini. Dan tahun ini adalah tahun kedua saya menghadiri acara serupa.

ppej 2017
Pada antri untuk registrasi

Kenapa saya masih mau hadir padahal udah pernah datang di tahun lalu? Ya karena materi yang diberi berbeda dari tahun ke tahun. Jadi nggak ada alasan buat nggak datang. Sayang ilmunya terlewatkan ciiin kalau nggak datang. Mumpung ada kesempatan ya datang aja, serap ilmu sebanyak-banyaknya. Ntar kalau udah ketemu partner halalnya dan berencana punya anak kan tinggal praktekin aja :D


Beragam pengetahuan baru dan hal-hal yang berkaitan dengan PPEJ 2017 di Medan kemarin saya rangkum secara singkat untuk kalian semua. Kenapa singkat? Yang biar nggak bosan bacanya. Lagian walaupun singkat isinya padat dan jelas kok.


Hal-Hal yang Perlu Kamu Tau dari PPEJ 2017 di Medan

- Selain acara talkshow di ballroom, di luar ballroom juga ada aneka booth yang ciamik. Para calon orang tua bisa mendapat banyak ilmu di tiap booth. Juga berkonsultasi dengan dokter ahli seputar masalah kehamilan, menyusui dan merawat anak. Ada juga chef Eddrian Tjhia yang berbagi resep nutrisi sehat dan gampil banget buatnya. Dari resep pra kehamilan, resep saat hamil, dan menu resep ketika menyusui.

prenagen esensis
Chef Eddrian lagi demoin menu praktis dan sehat untuk masa kehamilan dan menyusi

medan
Paling seneng dan salut kalau pas acara parenting ada ayah-ayah yang datang
prenagen mommy
Salah satu booth di PPEJ 2017 Medan

- Calon orang tua yang hadir kompak dari rumah pakai dress code ungu. Udah gitu dapet kaos juga dari #PRENAGEN. So pada kompak deh pakai kaosnya. Jadi lah hari itu ballroomnya hotel Aston dipenuhi warna ungu yang kece.


- Mona Ratuliu jadi moderator di PPEJ 2017 kali ini. Ibu 3 anak yang cantik dan awet muda ini selain artis juga merupakan praktisi parenting loh.


- Pada sesi talkshow, #PPEJ2017MDN menghadirkan 2 dokter ahli, yakni  : dr. Boy Abidin , SpOG (K) dengan materi mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil. dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) membawakan materi mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Red flag Si Kecil.


- Pada sesi sharing, Andien Aisyah, brand ambassador PRENAGEN hadir dan membagikan pengalamannya menjadi orang tua baru. Eh Andien bawa suami (Ippe) dan anaknya (Kawa) yang lagi lucu-lucunya loh.



- PPEJ 2017 ini merupakan salah satu rangkaian kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat ” di tahun 2017 & bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN.


- Panggung dan acara disetting sedemikian rupa, seolah tengah berada di rumah Mona sang moderator. Membuat acara berkesan santai namun tetap bermutu.


- Ada juga sesi senam PRENAFit , senam khusus untuk  Ibu hamil &  Ibu  pasca melahirkan yang  memberikan manfaat yang baik  untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh Ibu saat & pasca  melahirkan. Senam ini praktis dan bisa dilakukan di rumah sesuai dengan petunjuk dokter.


- Selain memberikan edukasi seputar kehamilan dan menyusui, pada PPEJ 2017 di Medan kali ini juga sekaligus  melaunching aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia  “Hallo Bumil “ yang interaktif memberikan informasi kepada para calon Ibu yang sedang hamil dengan tepat waktu. Jangan lupa didownload aplikasinya ya buibu, membantu banget loh!



Hal-Hal yang perlu kamu tau tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil

Materi ini dibawakan oleh dr. Boy Abidin, SpOG (K). Saya sering dengar kata plasenta, tapi baru kali ini tau kalau plasenta itu perannya banyak banget buat janin ya.


- Menurut dr. Boy plasenta adalah penghubung janin dengan Ibu. Maka harus diperhatikan kesehatannya, karena akan memberikan dampak jangka panjang terhadap si kecil.


- “You are what your mother eat”, begitulah kira-kira kalimat yang tepat untuk menggambarkan tentang kaitan antara nutrisi yang diserap ibu terhadapat kesehatan janin. Sebab nutrisi yang masuk ke tubuh ibu juga akan dialirkan ke janin.


- Plasenta menempel di tempat yang aliran darahnya paling bagus, sehingga bisa mengalirkan nutrisi ke janin.


- Beberapa peran penting plasenta selama masa kehamilan, di antaranya dapat dilihat dalam foto berikut :

prenagen lactamom
Perang penting plasenta bagi janin

- Plasenta juga sangat berperan dalam pembentukan sistim saraf dan mekanisme transfor  DHA.


- Kondisi plasenta yang kurang baik bisa berdampak buruk dan serius terhadap janin, seperti terjadinya preeclampsia (komplikasi pada kehamilan yang biasanya ditandai dengan hipertensi), diabetes mellitus gestasional (kondisi dimana janin mengalami kegemukan akibat mengalami gangguan plasenta), prematuritas (kelahiran premature), dan kematian janin. Duuh… serem ya buibu, makanya sebelum terjadi yuk dicegah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dan saat berencana hamil.


- Karena fungsinya yang sangat penting, maka dibutuhkan nutrisi pendukung yang tepat agar plasenta selalu dalam kondisi yang baik.


- Susu ibu hamil adalah pilihan yang tepat dikonsumsi agar ‘kendaraan’ pembawa nutrisi ke janin bisa melaksanakn tugasnya dengan baik :D kenapa susu? Karena susu memiliki gizi yang lengkap yang dibutuhkan tubuh.

prenagen esensis
Kenapa ibu hamil harus minum susu khusus hamil? ini alasannya.





Hal-hal yang perlu kamu tau tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Red flag Si Kecil
- Menurut dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ), tumbuh kembang anak bukanlah tentang anak gemuk atau kurus. Definisi tumbuh menyangkut bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala. Sementara defines kembang menyangkut bertambahnya struktur & fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona – social.

prenagen emesis
Tumbuh kembang anak bukan tentang anak gemuk atau kurus.

- Faktor tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 40% internal (genetik, ras, usia, jenis kelamin) dan 60% eksternal (nutrisi, lingkungan, penyakit, stimulasi). Jadi jika ada orang tua yang merasa tidak pintar, tidak perlu khawatir anaknya jadi tidak pintar juga. Fokuskan saja untuk mengembangkan faktor eksternalnya, seperti pemberian nutrisi yang baik dan stimulasi yang tepat.


- Di samping stimulasi, nutrisi adalah hal penting untuk perkembangan otak.


- Semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil terdapat di ASI. Oleh karena itu, usahakan untuk memberi ASI eksklusif ke buah hati ya buibu. Selain memperhatikan nutrisi si kecil, nutrisi si Ibu juga wajib diperhatikan.

Air Susu Ibu
ASI, sumber nutrisi utama bayi.

- Red Flag atau bendera merah merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan tanda bahaya pada tumbuh kembang anak.


- Untuk mengetahui apakah anak berada pada zona red flag atau tidak, orang tua harus tau indikator-indikator tumbuh kembang yang normal pada tiap fase usia tertentu. Misalnya pada usia 6 bulan, anak harusnya sudah bisa mengangkat kepala dan pundak saat tengkurap. Jika pada usia tersebut si anak belum mampu melakukannya, artinya perkembangan motorik kasar si anak terganggu.


- Jika mendapati anak yang mengalami keterlambatan perkembangan atau berada di zona red flag, orang tua disarankan untuk segera membawa anak ke dokter spesialis. Jadi orang tua musti rajin-rajin memantau, bukan hanya sekedar diberi nutrisi dan distimulasi, tetapi juga dipantau apakah perkembangannya sudah sesuai dengan usianya atau belum ya buibu :)


- Beberapa tanda anak mengalami red flag bisa dilihat di gambar di bawah ini :

gangguang tumbuh kembang


gangguan tumbuh kembang



prenagen esensis



gangguan tumbuh kembang
Ingat buibu, usia berapapun jika memiliki tanda-tanda ini, segera bawa ke dokter spesialis ya.




Hal-Hal yang Perlu Kamu Tau Tentang Pengalaman Andien jadi Orang Tua Baru
- Saat ini Andien memiliki seorang anak bernama Kawa, berusia 7 bulan. Iiiih.. lagi lucu-lucunya nih.


- Setelah menikah, Andien sempat kosong (nggak hamil) selama 1 tahun. Nah saat itu justru suaminya, Ippe yang nyaranin untuk minum PRENAGEN Esensis.


- Ini Andien beruntung banget dapet suami yang care. Selain nyaranin, Ippe juga ternyata pernah loh nyobain minum PRENAGEN. Katanya dia penasaran rasanya seperti apa. Hahahhaha.. aya aya wae ya Ippe.


- Ippe selalu menekankan ke Andien bahwa jika nanti Andien hamil, itu adalah kehamilan mereka berdua. Artinya harus dilewati bersama dan selalu support. Aaaakk.. kamu so sweet banget sih Ippe.


- Setelah akhirnya hamil, Andien dan Ippe sepakat untuk nggak gembar-gembor ke orang lain tentang kehamilannya Andien. Jadi karena kru dan klien nggak ada yang tau, pada trisemester pertama Andien masih disibukkan dengan aktifitas manggung. Padahal saat itu ia tengah mual-mualnya.


- Andien kemudian memutuskan untuk mengonsumsi PRENAGEN Mommy untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya selama masa kehamilan. Si Andien mah tau aja ya kalau #HamilYaPRENAGEN lah susunya :D

PPEJ 2017
Andien dan suami tengah berbagi kisah saat hamil dan menyusui Kawa

- Saat Kawa lahir, Ippe mengaku sempat khawatir apakah anaknya akan berkembang dengan baik atau tidak, tapi kemudian pasangan ini banyak tanya sana-sini dan baca berbagai info seputar parenting, jadi nggak begitu khawatir. Iya, jadi orang tua emang musti rajin baca dan tanya ya buat nambah wawasan.


- Karena ingin memberikan yang terbaik buat Kawa, Andien memutuskan memberikan ASI ke Kawa. Yess.. pilihan cerdas Ndien, ASI memang yang terbaik buat bayi.


- Selama menyusui, Andien juga minum PRENAGEN Lactamom. Ini karena menurut Andien ASI bukan hanya tentang banyak atau tidaknya saja, tetapi juga tentang kualitasnya yang harus terjaga.


- Terinspirasi oleh kalimat “You are what your mother eat”, selain minum PRENAGEN Lactamom Andien juga sangat memperhatikan apa yang ia makan agar Kawa juga dapat asupan nutrisi yang baik lewat ASInya.



Hal-hal yang perlu kamu tau tentang PRENAGEN
- Ternyata oh ternyata, tahun ini adalah tahun ke-30 perjalanan PRENAGEN dalam mendampingi para ibu dalam mempersiapkan kehamilan dan menyusui. Wuiiidddiih,, udah lama banget yaaak. Lebih tuwir dari saya dong. Semoga PRENAGEN terus setia menjadi #SahabatTerbaik yang mendampingi para ibu pada persiapan kehamilan,hamil, dan menyusui..


- PRENAGEN PRENAPRO adalah formula terbaru dari PRENAGEN yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan dan mengurangi kekhawatiran ibu di awal 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).


- Rangkaian produk PRENAGEN meliputi : PRENAGEN Esensis (nutrisi persiapan kehamilan), PRENAGEN Mommy Emesis (Nutrisi kehamilan mengurangi mual muntah), PRENAGEN Mommy (nutrisi masa kehamilan), PRENAGEN Lactamom (Nutrisi masa menyusui), dan PRENAGEN Juice.


- PRENAGEN Juice merupakan sari buah asli Pomegranate & Anggur, serta fruit & veggie yang merupakan sumber asam folat dan tinggi kandungan vitamin C. PRENAGEN Juice bisa diminum kapan saja, dimana saja, selama masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.




Yaiii…. Itulah beberapa hal yang perlu kamu tau seputar PPEJ 2017 di Medan, Plasenta, Pengaruh Nutrisi terhadap pembentukan sistem saraf, juga tentang pengalaman Andien sebagai ibu baru. Pokoknya kalau kamu Sedang Merencanakan Kehamilan, Baca ini dulu ya buibu :) atau kalau mau yang lebih lengkapnya bisa lihat di :

website : www.prenagen.com
FB : Prenagen World
Twitter : @PrenagenWorld
IG : @prenagenworld

Ada banyak info seputar kehamilan dan menyusui disana.



Kalian hadir di PPEJ 2017 di Medan kemarin? Atau punya info tentang plasenta dan nutrisi untuk pembentukan sistem saraf si kecil? Share disini ya.






Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

29 komentar

Write komentar
sakinah mariz
AUTHOR
4 September 2017 10.05 delete

Betul tuh kak. Menjadi Orangtua belajarnya dari sekarang. Karena segala sesuatu yg dipersiapkan pasti lebih nyaman jalannya. Fighting

Reply
avatar
4 September 2017 18.36 delete

Wew...ini mah komplit namanyaaa....udah di situ semua.

Btw aku suka gaya nulisnya yg ini...kereeennn...kapan-kapan awak ATM boleh yaaa😁

Reply
avatar
5 September 2017 09.06 delete

Prenagen juice adalah favorit ku buat ngilangin mual. Enak banget rasanya

Reply
avatar
5 September 2017 09.51 delete

Cukup banyak sih memang aspek yang diperhatikan ketika mempersiapkan kehamilan, dari nutrisi, perubahan yang terjadi setelah kehamilan dan lainnya. Harus ada perhatian dari yang hamil dan yang menghamili.

Reply
avatar
5 September 2017 11.36 delete

Sangat bermanfaat ini info.
Seperti harus ane bagikan ke tetangga sebelah.

Reply
avatar
5 September 2017 14.03 delete

Prenagen peduli sekali ya pada perencanaan untuk memiliki anak, produknya lengkap. Mulai dari sebelum hamil hingga pasca melahirkan, seorang ibu tetap memerlukan asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Bahkan ada Prenagen Juice juga ya, salut dengan Prengen.

Reply
avatar
Ali Muakhir
AUTHOR
5 September 2017 14.24 delete

Sejak istri hamil anak pertama hingga anak ketiga yang dikonsumsi prenagen, jadi memang sudah akrab dengan pranagen. Kalau acara di Bandung ikutan ah

Reply
avatar
5 September 2017 18.54 delete

Aku suka mengamati cara andien merawat kawa, memang perfect mom. Ternyata dia di support gizi terbaik juga ya

Reply
avatar
5 September 2017 20.52 delete

Benar benar lengkap penjelasannya,, saya share dech ke mami mami mudah di grup WA :D

Reply
avatar
Tomi Purba
AUTHOR
5 September 2017 21.21 delete

saya sih sedang merencanakan kehamilan nih bersama istri mba.. dan top dah ulasannya lengkap banget.. dengan baca ini, semoga nanti kalau istri saya hamil, saya gak panik dan tetap bisa membantu menjaga kesehatan si buah hati yaa

Reply
avatar
yulia yuli
AUTHOR
6 September 2017 05.36 delete

Kalau saya udah ga mungkin juga rencana hamil, udah tua hahaha.

Tapi emang ya prenagen dari dulu jadi susu favorit ibu2 hamil

Reply
avatar
6 September 2017 10.16 delete

wah ini cocok banget, lagi merencanakan kehamilan sama suami. Bisa banyak belajar nich dari artikel ini. Makasih ya mbaa

Reply
avatar
Oky Maulana
AUTHOR
6 September 2017 16.32 delete

Juara ya produknya, udah memikirkan dari awal ampe akhir. Wkwkwk. sebagai calon ayah harus tau juga nih hal2 begini.

Reply
avatar
Nova Violita
AUTHOR
6 September 2017 16.47 delete

Waktu belum hamil aku coba minum yg emesis..tapi ujungnya diare..n gak cocok pastinya..

Tapi kalo yang buat hamil aku minum dan cocok.. Prenagen kayaknya harus sedia yg dari kacang kedelai atau kkacang ijo buat yg gak cocok susu sapi..

Reply
avatar
6 September 2017 19.19 delete

Sudah terpatri diotak ku kalau nanti harus berhasil menyusui sampai 2 tahun karena ternyata manfaatnya banyak buat anak. Bdw, yang paling aku suka dari prenagen ini justru yang juice. Rasanya enak dan bikin mual hilang

Reply
avatar
Omith
AUTHOR
6 September 2017 19.22 delete

gw kira udah nikah mba Dian,, hihi

salut sih bs hadir di acara buat pengetahuan kelak ya.
wkt hamil gw suka minum prenagen ga terlalu manis. smua pernah nyobain kecuali yg juice nya sptnya varian baru ya

Reply
avatar
6 September 2017 19.23 delete

wah, jangan salah saya juga sebagai ayah belakangan sering datang ke acara parenting, ni materinya hampir mirip dengan acara yang pernah saya datangi, tapi fokusnya sih ke pengembangan karakter anak meskipun soal kehamilan juga banyak dibahas, cuman yang ngadain merek susu sebelah hehe

Reply
avatar
sally fauzi
AUTHOR
6 September 2017 19.59 delete

Prenagen udah lama juga ya usianya, 30 tahun ....


Jaman hamil sih saya males minum susu. Malahan mual udahannya. Jadi banyakin makan bergizi aja deh.


Susu hamil sekarang banyak ragam dan rasanya. Beruntung deh ibu2 yang hamil sekarang

Reply
avatar
6 September 2017 21.08 delete

kalau lagi hamil itu berasa banget ya mba pepatah "you are what your mother eat itu,,," Ga salah ortu kita dulu wanti2 sama setiap wanita hamil agar menjaga makannya. termasuk juga makanan hati,,, hhii karena semua bermula dari kandungan ya..

dulu ernah diundang PPEJ Jakarta tapi ga kesampaian ikut. lihat postingan ini berasa banget ya euforia serunya,,

Reply
avatar
6 September 2017 21.17 delete

You are what your mother eat.

Ini bener banget sih, dan memang mempersiapkan kehamilan dengan segala nutrisi yang lengkap sangat baik demi mempersiapkan buah hati yang sehat nan kuat. Tapi ya.,, aku juga belum kepikiran untuk hamil dan punya anak sih wkwkw. Partnernya aja belum ada lol.

Reply
avatar
HELLO FIKA
AUTHOR
6 September 2017 22.12 delete

woww lengkap banget diah materinya

huwaaa beruntung banget bisa ikutan acara ini.. dikupas daei a sampe z..

serasa kuliah lagi yak xixixi

di jakarta udah ada belum sih?

apa aku yg terlewat ya infonya

tp lewat blog post ini aku udah cukup terbantu kok.. infonya lengkap... mantap jiwa deh

Reply
avatar
Siti Mudrikah
AUTHOR
6 September 2017 22.22 delete

Ayah yg mau ikut acara parenting gini emnag keren. Dlu dr boy abidin pernah jdi pembicara dikantor, dan orangnya asik,gaul keren,penyampaian ilmunya jg nyampe. Mona ratuliu jg aku suka, type momy tegas tp penyayang. Sbg calon ibu memng kita hg harus banyak belajar y mba.

Reply
avatar
8 September 2017 10.26 delete

yaps... persiapan yang matang memang dibutuhkan, apalagi menyangkut generasi penerus ya kan :D

Reply
avatar
8 September 2017 10.27 delete

masak sih?! ini aja menurutku masih ada yang kurang loh. tapi makasih yaaak,, silahkan di ATM kan :)

Reply
avatar
8 September 2017 10.28 delete

Iya mbak, rasanya enak. aku kemarin nyobain walaupun belum rencana hamil hiihiii..

Reply
avatar
8 September 2017 10.29 delete

yang hamil dan menghamili,, hahhaaa.. aku ngekeh sendiri bacanya. iyalah, masak yang menghamili maunya enaknya aja, musti ikut dong persiapin dan perhatiin selama si istri hamil.

Reply
avatar
8 September 2017 10.30 delete

yuuk disebarkan info ini kalau dirasa bermanfaat :)

Reply
avatar
8 September 2017 10.33 delete

ya karena memang PRENAGEN menyadari kalau untuk punya anak itu persiapannya musti matang. dan yang perlu diperhatikan itu bukan aja nutris si bayi, tetapi juga nutrisi ibu.30 tahun jadi sahabat sejatinya para ibu, 4 jempol buat PRENAGEN :)

Reply
avatar
Widya Herma
AUTHOR
8 September 2017 11.09 delete

Wah lengkap banget jadi belajar banyak hal tentang kehamilan. Ilmunya bakalan bermanfaat banget buat calon ibu. Memang kalau hamil itu harus direncanakan terlebih dahulu. Semoga acaranya juga bisa hadir di Bandung. Ingin belajar lebih banyak lagi tentang parenting, Mbak :D

Reply
avatar