AYAM GORENG SAMBAL ANDALIMAN : MENU MEWAH NAMUN PRAKTIS ALA ANAK KOS

01.53
so good ayam potong
Ayam goreng sambal andaliman : menu mewah namun praktis ala anak kos

Ayam Goreng Sambal Andaliman : Menu Mewah Namun Praktis Ala Anak Kos : Dasar blogger anak kos ya. Postingan blog pun banyak yang ada embel-embel anak kosnya. Harap maklum lah ya, secara udah belasan tahun ngekos.


Seperti yang sudah pernah saya katakan di postingan sebelum-sebelumnya, jadi anak kos itu seru-seru serem. Seru karena bisa terbebas dari omelan emak yang nyuruh bangun pagi ataupun bersihin rumah. Seremnya ya kalau kangen sama omelan emak *apaan sih ah*


Tapi beneran loh ya, seremnya jadi anak kos itu kalau lagi terserang virus kangen rumah alias homesick. Kangen masakan emaklah, kangen barentem sama adik/kakak lah. Kangen dinasehatin ayah lah. Pokoknya macem deh.


Kadang karena kangen keluarga, kita jadi uring-uringan, mau pulang kampung tapi belum waktunya. Alhasil di kos ngapa-ngapain males. Makan juga males karena kebayang-bayang masakan emak. Biar kata banyak orang jualan makanan enak, tetep aja kadang nggak bisa ngilangin rasa kangen akan lezatnya masakan emak.


Karena selama ngekos saya kebanyakan makan di luar, masakan rumahan menjadi menu mewah bagi saya. Maklum lah, makan di luar mulu tiap hari bosen juga loh. Kadang pengen masak sendiri tapi di kontrakan sebelumnya pemilik rumah nggak ngijinin pakai kompor gas karena parno sama berita-berita kompor mbleduk.


Untungnya sejak November tahun lalu saya pindah ke kontrakan yang ngebebasin kita masak. Lalu apakah saya jadi rajin masak? Ya nggak rajin-rajin amat sih ehhehee… tapi ya lumayan sering dibanding saat nggak dibolein pakai kompor gas.


Biasanya saya masak yang simpel-simpel dan jarang dijual di luaran. Misalnya kayak rebusan. Atau pas lagi males keluar beli lauk ya tinggal buat telur dadar. Atau menu-menu rumahan yang lagi saya pengenin. Pokoknya yang simpek-simpel deh. Yang bumbunya berkisar cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, tomat, gula, dan garam. Kenapa? Ya karena saya taunya cuma bumbu-bumbu itu. Menu masakan yang pakai bumbu selain bumbu yang saya sebutkan tadi saya anggap menu mewah karena selain ragam bumbunya lebih banyak juga karena saya nggak tau resepnya :D. Rencananya entar-entar aja saya pelajarin resepnya, kalau udah ada yang mau dimasakin #eh :D *bukan kode bang, tapi kalau paham ya syukur ehehhehee*


Eh tapi ada loh satu menu masakan yang pakai bumbu tambahan selain yang saya sebutkan di atas yang pernah saya masak. Bisa dikatakan ini satu-satunya menu mewah yang saya kuasai. Dan kebetulan tadi baru aja saya masak menu tersebut, jadi masih nempel rasanya di lidah, so masih semangat buat ngebagiin resepnya disini.


Ayam Goreng Sambal Andaliman, itu nama menu masakan yang akan saya bagi resepnya disini. Resep ini saya bela-belain belajar karena awalnya penasaran, juga karena saya suka rasanya. Ada sensasi ledakan-ledakan kecil di lidah dan bibir saat dan setelah makan dengan sambal andaliman ini. Iya, sensasi ledakan kecil atau ketir-ketir ini seakan nempel bahkan setelah kita selesai makan. Ibaratnya mantan, andaliman ini adalah mantan yang bikin kamu susah move on karena terus-terusan terkenang masa indah bersamanya #uhui


Sedikit tentang andaliman, andaliman atau sering juga disebut merica Batak adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari daratan Asia. Di Indonesia, andaliman banyak tumbuh di tanah Batak, yakni sekitaran danau Toba, makanya banyak yang menyebutnya merica Batak. Karena rasanya yang pedas dan karena masyarakat Batak sering menggunakannya untuk bumbu masakan.

so good ayam potong
Andaliman, si merica Batak

Tak hanya memperkaya rasa masakan, andaliman juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Buah yang termasuk dalam suku jeruk-jerukan ini memiliki kandungan vitamin A, B1, dan C. Kandungan lainnya seperti zat besi, kalsium, fospor, lemak, energy, dan protein juga ada dalam andaliman. Karena itu andaliman memiliki fungsi sebagai antioksidan alami yang tentu saja sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.


Andaliman bagus dikonsumsi untuk meperlancar peredaran darah sekaligus penambah darah alami, menyehatkan mata, menguatkan tulang dan gigi, juga membantu menjaga kinerja fungsi otak. Untuk perempuan, andaliman ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan menstruasi loh. Makanya selain  sensasi ketir-ketir di lidah dan mulut setelah memakannya,  hal yang membuat saya suka sama jenis rempah yang satu ini adalah kasiatnya yang ternyata banyak sekali.


Oke, balik lagi ke Ayam Goreng Sambal Andaliman. Berhubung saya orangnya suka yang praktis tapi nggak mau mengabaikan masalah kualitas gizi, jadinya saya biasanya bakal milih beli So Good Ayam Potong yang isinya bagian dada dan paha ayam. Jadi praktis nggak perlu motong-motong sendiri. Selain itu juga karena kedua bagian itu terkenal dagingnya banyak *maklum lah ya, anak kos nggak mau rugi*.


so good
Praktis, nggak perlu motong.

Selain alasan praktis, So Good Ayam Potong juga berasal dari ayam pilihan yang dipelihara dengan baik di peternakan modern, tanpa suntikan hormon. Dan yang paling penting juga karena ayam-ayam tersebut dipotong secara halal serta proses pembekuannya menggunakan teknologi IQF (individually quick prozen) sehingga kesegaran, gizi, rasa, dan kebersihannya terjaga.

so good
So good ayam potong isi dada dan paha ayam

Resep ayam goreng sambal andaliman yang akan saya bagi ini sebenarnya sudah saya kreasikan sendiri sesuai bumbu yang biasa saya pakai. Jadi kalau kalian browsing resep sambal andaliman mungkin bakal beda dari yang saya buat ya.


Oke deh, langsung aja ya saya bagi resep Ayam Goreng Sambal Andalimannya.

Bahan :
- So Good Ayam Potong  dada dan paha ayam : 1 kg (isi 13 belas potong)
- Minyak Goreng : 250 ml
- Timun : 1 buah (untuk lalapan. Ini opsional sih, nggak dipakai juga gapapa)

Bumbu  sambal :
- Andaliman : 20 gram
- Cabai merah : ½ ons
- Bawang merah : 6 siung
- Bawang putih : 1 siung
- Tomat : 1 buah ukuran sedang
- Garam : sesuai selera

sambal khas batak
Ini bumbu dalam foto cuma mewakili ya guys, jumlah bumbu per itemnya yang benar sesuai resep yang saya tulis.


Bumbu ungkep ayam :
- Bawang putih : 2 siung
- Bawang merah : 4 siung
- Garam : 1 sendok teh

Cara memasak :
- Lunakkan terlebih dahulu So Good Ayam Potong,, saya biasanya setelah beli begitu sampai rumah langsung saya rendam di air tanpa membuka kemasannya. Tunggu sekitar satu jam.

- agar bumbunya meresak, ungkep ayam dengan bumbu ungkep yang sudah digiling. Tunggu sampai kira-kira empuk dan bumbu meresap. Tiriskan, lalu goreng.

- Rebus semua bumbu sambal (kecuali  garam). Rebus sekitar 10 menit. Angkat, tiriskan lalu giling. Tambahkan garam setengah sendok teh atau sesuai selera.


Nah sampai disini kalian punya pilihan untuk selesai atau lanjut, halalin atau putusin *jiahahhaa.. sayanya baper sama tulisan sendiri*. Tapi bener kok setelah sampai di tahap ini kita punya pilihan untuk lanjut ke tahap selanjutnya atau sampai disini aja. Loh kok gituh?! iya karena sambal andalimannya sudah jadi. Sudah bisa dinikmati bersama ayam yang sudah selesai digoreng. Namun kalau misalnya pengen sambalnya lebih tahan lama, bisa digoreng lagi sambalnya. Rasanya sama-sama enak kok menurut saya. Hanya saja kalau tidak digoreng andalimannya lebih tajam rasanya.


Untuk penyajian juga bisa dua pilihan. Mau dipisahkan sambalnya dan dinikmati dengan cara suwiran ayamnya dicocol ke sambal, atau dicampurin jadi satu. Bebas aja tergantung selera. Kalau misalnya di rumah kalian ada yang nggak bisa makan pedas, ya tinggal pisain aja ayam dan sambalnya. Biar masing-masing bisa cocolin ayamnya ke sambal sesuai selera dan porsi mereka.

sambal andaliman
Sambalnya dipisah, tinggal disuir dan dicocol ke sambal sesuai selera

Saya biasanya pilih yang sambalnya dipisain, karena salah satu temen kontrakan ada yang perutnya bakal ngulah kalau banyak-banyak makan sambal. Tapi berhubung tadi sekalian mau sungkeman ke rumah ibu yang punya kontrakan, jadilah saya buat keduanya. sebagian dipisain sambalnya untuk temen kontrakkan, sebagian dicampurin jadi satu karena mau dibawa buat ibu pemilik kontrakan *segan euy datang gak bawa apa-apa*. Si ibu seneng banget dibawain ayam goreng sambal andaliman ini, secara kan ya jarang banget ada yang jual sambal andaliman. Walaupun andaliman merupakan rempah khas Batak, di Medan belum pernah tuh nemuin tempat makan yang nyediain sambal andaliman. Makanya sering-sering nyambal pakai andaliman ini itung-itung turut melestarikan rempah tradisional.


sambal khas batak
Ini nih sambal andaliman ala Perempuan November

sambal khas batak
Kalau yang ini ayam dan sambalnya dicampur, untuk ibu kontrakan


Ayam Goreng Sambal Andaliman ini menu mewah namun praktis yang saya suka. Mewah karena ada bumbu khas Batak yang udah jarang dipakai orang. Mewah karena ayamnya terjaga 4 kualitasnya : segar, gizi, rasa, dan bersih. Mewah karena membuat rasa kangen saya ke masakan rumahan terobati.
Dan praktis karena memang penyajiannya mudah. Apalagi kompor saya dua tungku, yo cepet banget lah buat menu beginian.


Ayam goreng sambal andaliman ini cocok banget buat kalian anak kos yang kangen masakan rumahan namun nggak mau masak yang ribet. Eh buat para ibu rumah tangga juga cocok ding. Karena bergizi, enak, dan praktis.


Eh iya, kalau kalian punya resep olahan ayam potong lainnya yang juga praktis dan enak seperti resep saya, itu artinya kalian harus ikutan lomba yang diadain So Good. Kenapa? Karena berbagi resep masakan itu berpahala loh, apalagi kalau menang lomba, hadiahnya kece euy. Yuk ah buruan, ketentuan lombanya bisa dibaca disini ya guys!


Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

24 komentar

Write komentar
18 Juli 2017 09.41 delete

Wah hmmm enak banget tuch. Andaliman kalau keluarga suami yang orang batak nyebutnya cikala, selalu kalau pake cikala kalau masak makanan batak

Reply
avatar
Tomi Purba
AUTHOR
18 Juli 2017 10.30 delete

Ngeralat mba Rian, orang Karo sih nyebutnya tuba. Ini kayak merica tapi lebih pedes namun bikin masakan jadi maknyuuss...

Jujur saya jadi kangen masakan mamak saya. Biasanya bikin ayam semur kentang trus dikasih andaliman ni mba hehe

Reply
avatar
@unggulcenter
AUTHOR
18 Juli 2017 12.50 delete

itu sambalnya sumpah bikin ngileer!! mau bikin sambal ah, walau ga ada andaliman yg penting nyambel dulu siang ini hehe

Reply
avatar
18 Juli 2017 13.00 delete

Jadi pengen buat juga, apalagi lihat ayam gorengnya, huft ngiler
Tapi saya baru tau tuh kak andaliman. Hehe

Reply
avatar
Ali Muakhir
AUTHOR
18 Juli 2017 13.58 delete

Sambelnya bikin laver, hehehe

Reply
avatar
18 Juli 2017 14.07 delete

duh..gagal fokus liat sambelnya ....

Reply
avatar
18 Juli 2017 16.11 delete

Andalima br tau nama bumbu ini

Reply
avatar
18 Juli 2017 20.47 delete

Sambal Andaliman yang menggoda, rasanya pasti nikmat. Ayam potong So-Good memudahkan untuk menyajikan makanan yang nikmat, mengurangi kerepotan saat memasak.

Reply
avatar
Oji Faoji
AUTHOR
18 Juli 2017 23.01 delete

ayam goreng, ayam goreng, ayam goreng.... asyiikkk ada resep masak ayam goreng ala ala so good. terima kasih semoga aku bisa memasak ayam goreng yang enak buat disajikan. hehee

Reply
avatar
Zefy Arlinda
AUTHOR
19 Juli 2017 04.14 delete

Eh, aku belum pernah lho lihat jualan andaliman di Bengkulu Mbak. Kayaknya mesti minta kirimin sama mbak dulu hehe..atau Kita bisa pesan online ga sih andalimannya? Penasaran juga dg rasa andaliman

Reply
avatar
19 Juli 2017 05.30 delete

Wah ini nih, makanan yg bisa jadi alternatif makanan ketika malas keluar kos utk nyari makanan.

Sebagai penghuni kosan, tentu terkadang memasak sendiri bisa menekan ongkos utk uang makan itu sendiri. Selain bisa melatih skil masak tentu saja. Terkadang pilihan akan ayam goreng itu terbatas pada ayam goreng biasa tapi dgn adanya resep ini tentu ayam goreng semakin bervariasi

Reply
avatar
19 Juli 2017 07.52 delete

Kalo ngomongin ayam dan anak kos, paling melekat dengan saya adalah sajian ayam bawang dalam bentuk mie rebus..xkxkxk

Reply
avatar
19 Juli 2017 08.43 delete

kabitaaa sama sambelnyaa

Reply
avatar
Nova Violita
AUTHOR
19 Juli 2017 09.47 delete

Andaliman itu apa ya..???
Baru dengar jenis bumbu ini.

Reply
avatar
charles dm
AUTHOR
19 Juli 2017 16.51 delete

Sederhana tetapi hasilnya benar-benar menggugah selera...makasi jadi nambah informasi kuliner..salam

Reply
avatar
Widya Herma
AUTHOR
19 Juli 2017 19.14 delete

Tanggung jawab Mba, saya jadi ngiler banget sama resep ayam goreng sambal andaliman ini hihihi makasih udah sharing resepnya Mba. Semoga kesampaian untuk masaknya hihihi

Reply
avatar
19 Juli 2017 20.32 delete

Dusta mana lagi yang kau dustakan. Makanan ini sangat nikmat banget tetapi, andaliman susah banget dicari disini. Kapan kapan coba buat ah dirumah

Reply
avatar
19 Juli 2017 21.20 delete

Wah, baru kali ini dengar dan lihat yang namanya andaliman. Dan dari penampakan sambalnya, saya jadi pengennnn makan ayam goreng plus sambel. Duh Mbakkk minta sambal andaliman-nya, donggg :)

Reply
avatar
19 Juli 2017 21.41 delete

Mba aku naksir yg buat ibu kos... Enak bgt kayanya yg uda di lumuri sambal itu

Reply
avatar
ikhsan keren
AUTHOR
19 Juli 2017 22.35 delete

Kalau semua anak kosan makan makanan penuh protein begini, serasa makmur dah,sumpah.

Reply
avatar
Siti Mudrikah
AUTHOR
19 Juli 2017 22.38 delete

Oh andaliman ini bumbu khas dr suku batak ya. Ak bukan penggemar pedas, tp sesekali pasti makan pedes sih. Penasaran rasanya gmn

Reply
avatar
19 Juli 2017 23.57 delete

wohoo baru tahu kalau andaliman itu merica batak.. dibikin kreasi begini so good asti jadi lebih enak ya mba karena bumbunya jadi mersap. dan memang aslinya daging ayam so goodnya udah enak duluan..

Reply
avatar
23 Juli 2017 12.21 delete

ngeliatnya aja udah bikin laper apalagi nyobain sambel pedasnya tuh

Reply
avatar
arif arlub
AUTHOR
23 Juli 2017 18.08 delete

bikin laper kk =D

Reply
avatar