PURA AGUNG RAKSA BHUANA : PURA HINDU BALI DI MEDAN

15.16
wisata medan
Pura Agung Raksa Bhuana di Medan
Pura Agung Raksa Bhuana : Pura Hindu Bali di Medan - Sejak duduk di Sekolah Dasar (SD) saya sering membaca tentang 5 agama yang diakui di negara tercinta Indonesia ini. Masih ingat dulu disuruh menghafal Pancasila, nama provinsi beserta ibukotanya, hari besar keagamaan, dan agama yang diakui beserta tempat ibadahnya.

Saya sudah terbiasa mendengar kata Hindu dan Buddha. Tapi lingkungan sekampung yang muslim dan di sekolah hanya ada murid beragama Islam dan Kristen *saya kurang tau mereka Katolik atau Protestan* membuat saya mengenal Hindu dan Budha hanya lewat buku kala itu. Beruntung ibu dan ayah saya orang yang berpikiran terbuka dan sering pergi-pergi. Jadi saya sering ikut. Jika ingin membeli sesuatu ke kota kabupaten di Kisaran, saya sering diajak ibu. Di kota Kisaranlah saya tau agama Budha lewat ruko-ruko milik pedagang China yang sering sembahyang dan menaruh dupa di depan ruko mereka.

Hindu?! Saya baru benar-benar melihat mereka dari dekat saat jalan-jalan ke Bali tahun 2011 lalu. Sebenarnya tahun 2009 dapat info kalau di Perbaungan ada pura Hindu Bali, tapi saya baru mengunjunginya di tahun 2014. Selain itu di Medan juga sebenarnya ada masyarakat Hindu Tamil (India) di daerah kampung keling. Ada kuilnya juga. Tapi saya mengunjungi nya justru setelah mengunjungi Bali. Mm.. btw, kenapa di tempat ibadah masyarakat Hindu Tamil dinamakan kuil sedangkan tempat ibadah masyarakat Hindu Bali dinamakan pura ya *ini beneran nanyak loh*, kan sama-sama tempat ibadah umat Hindu.
wisata indonesia
Pertama kali menyaksikan dari dekat prosesi adat masyarakat hindu Bali
Oke, lupakan pertanyaan tentang perbedaan kuil dan pura, nanti sama-sama kita tanya mbah gugel. Sekarang saya mau cerita tentang pura di kota Medan. Tahun 2013 baru saya tau kalau di Medan ternyata ada Pura Hindu Bali. Namanya Pura Agung Raksa Bhuana. Pura ini berada di jalan Polonia No 216 Medan. Jika masuk dari jalan Mongonsidi, kita tinggal lurus saja menyusuri jalan Polonia. Pura ini berada di sebelah kanan dan berada di pinggir jalan, jadi tak perlu takut nyasar.
jalan polonia medan

medan wisata
Letaknya di pinggir jalan, jadi mudah ditemukan :)
Saya tertarik untuk masuk ke dalamnya. Bersama beberapa teman, saya pun menemui pengurus pura.  Mereka tidak mengijinkan masuk jika tidak ada surat ijin ataupun surat keterangan berkunjung entah itu untuk penelitian atau sejenisnya.

Jadi sebenarnya mereka welcome jika ada yang ingin masuk, tapi harus ada surat resminya. Biasanya sih yang berkunjung kesini mahasiswa untuk keperluan studi. Dan berhubung kami tak membawa surat apa-apa, jadi cuma bisa melihat dari luar saja.

Tapi buat yang pengen foto-foto ala-ala pura Bali bisa kok disini, foto di gerbang luarnya saja, kan tetap kelihatan nuansa Balinya. Beberapa kali kesini, saya lihat ada juga anak-anak remaja yang datang buat foto-foto.
pariwisata sumatera utara
Remaja yang datang dan berfoto-foto
Eh tapi kalau kalian kesini, harap jaga sikap dan tutur kata ya. Namanya juga tempat ibadah ya kan. Walaupun bukan tempat ibadah kita, tetap harus tunjukkin sikap toleransi dan menghargai dong.
Jangan lupa jaga kebersihan juga :)

Selain sekedar foto narsis, ngajak anak-anak kesini juga bagus untuk mengenalkan mereka pada keberagaman. Moga-moga dengan begitu besarnya nanti mereka sudah paham konteks keberagaman dan tetap saling menghormati. Jangan seperti saya taunya cuma dari buku dan TV. Begitu besar dan nekat backpackeran ke pulau Dewata baru deh melihat langsung mereka :)

Nah jika ingin masuk atau berdiskusi lebih jauh tentang pura ataupun umat hindu disini, temui saja pengurusnya, mereka tinggal di belakang pura. Jalan masuk ke belakang ada di samping pura. Tanya saja bagaimana prosedurnya jika ingin masuk. Berdasarkan pengalaman sih mereka minta surat pengantar dari institusi tempat kita berasal. Semacam surat ijin ataupun surat permohonan untuk masuk ke area pura.
wisata medan
Jalan di samping pura, akses ke tempat pengurus tinggal
Nih beberapa foto waktu saya jalan-jalan ke Pura Agung Raksa Bhuana Medan. Siapa tau ada yang ingin berkunjung. Tapi ya harap maklum, kualitas fotonya yah masih segitu, secara kita amatiran kakaaa :)
wisata medan
Teman yang menemani saat berkunjung pertama kali, ini seusai meminta ijin untuk masuk ke pura
wisata menarik di medan
Tembok samping dengan ukiran-ukiran khas Bali
ornamen hindu bali
Motif ukiran di tembok
Ini motonya cuma tangannya saja yang masuk karena pagarnya dikunci :D
tempat ibadah umat hindu
Ini juga cuma tangannya aja yang masuk :D
medan wisata
Masih tangannya aja yang masuk :)
hindu bali di medan
Dari tembok samping nih fotonya, untung temboknya nggak tinggi, masih bisa tangannya masuk :D niat banget aku ya hehehhee..

agama hindu
Patung di gerbang masuk

medan pariwisata
Pagarnya tertutup, nggak semua orang bisa masuk
keberagaman
Letak mushola ini berseberangan dengan pura loh. 
medan city tour
Tembok berlumut, entah kenapa saya tertarik memotretnya
Nggak bisa masuk gpp, masih bisa foto di depan :)
pariwisata medan
Tuh lihat halamannya, bersih kan. Jadi kalau kesini jangan buang sampah sembarangan ya guys!

wisata medan
Ehm... saya nampang lagi gpp ya :D
Nah itu sedikit cerita tentang Pura Agung Raksa Bhuana, Pura Hindu Bali di Medan. Di kota kalian ada juga kah pura seperti ini?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
11 April 2016 15.40 delete

Aku pingin mampir tempo hari kesitu tapi ga jadi Di... hehehe. Lokasinya deket siy ya ;).

Reply
avatar
11 April 2016 15.50 delete

pertama kali mammpir ke blog iniii :)
nexttime kalau main ke medan, mari kita jalan jalan bareng kak wkwk.

Reply
avatar
11 April 2016 16.16 delete

wahhh awakk gak tauu kak tempatnya ini :D suerr

Reply
avatar
11 April 2016 18.07 delete

kenapa gak jadi kak?! iya letaknya nggak jauh kok, masih di kota Medan juga :)

Reply
avatar
11 April 2016 18.08 delete

setelah ini sering-sering mampir ya mbak :)

hayuuuk jalan bareng, kapan nih main ke Medan lagi?!

Reply
avatar
11 April 2016 18.09 delete

ah masak sih nggak tau fit?! serius nih?

Reply
avatar
Wida Zee
AUTHOR
12 April 2016 08.02 delete

Bisa ngerasain suasana bali meskipun nggak di bali langsung hihi.

Reply
avatar
12 April 2016 10.42 delete

iyaps, bener banget itu mbak Wid :)

Reply
avatar
nurul iman
AUTHOR
12 April 2016 14.21 delete

Hmm hampir seperti di bali ya suasananya dan saya jadi penasaran nih.

Reply
avatar
12 April 2016 16.59 delete

berasa banget Balinya ya :D

Reply
avatar
13 April 2016 06.29 delete

kalau penasaran berarti harus datang kesini min :)

Reply
avatar