MARUGAME UDON MEDAN

00.19

Marugame Udon Medan - Kuliner Medan : Ada yang suka masakan Jepang? Saya mau cerita tentang pengalaman saya makan di salah satu restoran Jepang di Medan. Simak baik-baik ya. Pada zaman dahulu kala… *sinting, emang lagi ngedongeng :P

Oke baik, ini serius :D

Nama restorannya Marugame Udon. Sebuah restoran dengan menu aneka udon dan tempura. Ini sebenarnya restoran franchise dari Marugame Seimen yang berpusat di Kobe, Jepang.  Jadi untuk rasa, otentik Jepang lah, secara emang franchise dari negara asalnya. Untuk Indonesia, outlet Marugame sudah lumayan banyak. Di Jakarta saja sudah ada sembilan outlet (diperkirakan jumlahnya akan bertambah mengingat respon customer terbilang bagus). Di Medan, outlet Marugame Udon berada di Lower Gound Floor Sun Plaza. Sebenarnya Marugame Medan belum lama dibuka sih. Belum nyampe dua bulan pun. Tapi saya sudah dua kali makan disini :D

MARUGAME UDON MEDAN
Suasana waktu saya berkunjung
Saya suka suasana restorannya. Kesannya nyaman gituh dengan meja dan kursi kayu. Ada juga sih kursi sofa, tapi itu hanya untuk kursi yang berbatasan dengan dinding. Terdapat beberapa pajangan di dinding, ada foto-foto bernuansa Jepang, hiasan kayu bertuliskan huruf kanji –huruf khas jepang-, dan beberapa pajangan lain yang tetap bernuansa Jepang.

Walaupun terlihat banyak kru restoran, namun disini kita harus memesan dan mengambil sendiri pesanan kita, self service maksudnya hehee. Jadi kita diajarin ngantri n mandiri nih ceritanya. Nah, saya suka nih waktu memesan dan menunggu makanan pesanan kita dibuat. Saya suka ngeliatin mereka meracik menu yang kita pesan. Bersih dan cekatan. Customer bisa melihat langsung chef-nya menyajikan makanan karena konsepnya open kitchen gituh.

MARUGAME UDON MEDAN


MARUGAME UDON MEDAN

Okeh, sekarang kita cerita tentang makanan. Walaupun mengusung cita rasa asli (otentik) udon dan tempura dari Jepang sono, namun menunya sudah disesuaikan dengan lidah kita orang Indonesia. penyesuaiannya dilakukan melalui proses food test dan FGD (Forum Group Discussion) yang dilakukan sebelum outlet dibuka.

Ada 9 jenis udon, 10 jenis tempura, dan 4 jenis nasi yang ditawarkan Marugame. Kalau bingung hendak memesan yang mana, coba diskusikan saja dengan waitress-nya. Tapi jangan disitu sampai di tempat pemrosesan pesanan (station lah kita sebut ya) baru kita sibuk mau pesan apa, yang ada nanti antrian yang laen pada marah karena mereka harus menunggu lama. Diskusi saja dengan waitress yang berdisi di depan station, tuh waitress pasti akan menjawab kebingungan kita (baca, menjelaskan dan merekomendasikan pilihan menu yang cocok untuk kita).

Saya pesan Niku Udon (udon dengan lembaran daging sukiyaki dan kake dashi soup), tiga macam tempura yakni Tori Tempura (Tempura Ayam), Ebi Tempura (Tempura Udang), Beef Croquette (Kroket Daging Sapi) dan oca (teh Jepang) panas. Rasanya? Uyeaaah.. mantap guys… soupnya segar-segar lemak gituh deh, terus kan ya, sebelumnya kan saya ngambil tenkatsu (remah-remah tempura yang crunchy), nah tenkatsu ini enak loh dimasukkin ke kuah udonnya.  Tenang aja, untuk tambahan pelengkap makanan seperti irisan cabai rawit, irisan daun bawang, wijen, dan jahe, customer bisa ambil sesuai selera, gratis :D (itu yang penting hehehe). Pas kunjungan pertama, ada temen yang sampe kurang loh saking enaknya menurut dia. Dia sampe minta sebagian jatah tempura saya. Saya berhubung porsi makannya nggak banyak dan udah lumayan kenyang makan udon (seporsi banyak boook, dijamin kenyang deh), jadinya ya saya ikhlas-ikhlas saja pas dia minta tempura saya. Tempuranya itu, saya paling suka sih Tori Tempura, daging ayam dibalut tepung renyah, enyak..enyak..enyak. Tapi katanya sih yang paling banyak dipesan customer itu yang Ebi Tempura.

MARUGAME UDON MEDAN
Ini dia penampakan menu pesanan saya :D

Pas kunjungan kedua, saya pesan Niku Udon lagi. Sebenarnya pengen nyobain yang laen sih. Cuma udah terlanjur falling in love sama Niku Udon, jadinya milih itu lagi. Ntar kunjungan berikutnya bakal nyobain yang laen kayaknya. Tempuranya tetep juga Tori Tempura. Tapi tambah satu varian lagi, Broccoli Tempura. Nggak kalah enak sama Tori Tempura.

MARUGAME UDON MEDAN
dimulai dari makan di resto Jepang, moga-moga nanti bisa jalan-jalan ke Jepang, amin!! :)

Untuk harga, standart lah menurut saya. Menu udon dan nasi harga mulai Rp. 33.000 – Rp. 50.000. sedangkan tempura dari Rp. 8.000 – Rp. 15.000/pcs.

Kayaknya besok-besok bakal kesini lagi deh, soalnya kuah udonnya bikin kangen. Trus pengen nyoba varian lain juga. Eh, kalian harus coba juga loh!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
2 Februari 2015 07.41 delete

Jadi pengen coba juga, saya suka kebudayaan Jepang, terutama pop-culture anime/manga, cuma belum pernah makan makanan Jepang, hehe

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
2 Februari 2015 10.38 delete

cobain makanannya juga dong. masnya tinggal dimana? selain di Medan, Marugame ada di Jkt, Sby dan Bdg.
kalau saya sudah beberapa kali makan makanan Jepang, seperti Udon, Tempura, dan Sushi juga. memang awalnya terasa aneh di lidah kita, tapi seterusnya saya malah suka :)

Reply
avatar
14 Februari 2015 09.21 delete

tuh ada MUI nya gak??? soalnya pernah tanya ama pelayannya,, gak HALAL/belum ad sertifikat HALAL

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
14 Februari 2015 12.02 delete

Saya nggak tau untuk wilayah lain. tapi untuk di Medan, pernah juga tanya tentang ke-halal-annya. mereka bilang halal, hanya saja memang proses sertifikasi sendang on procces. soalnya itu kan nggak bentar katanya untuk dapat sertifikat halal tersebut. tapi mereka menekankan kalau produknya halal.

Reply
avatar
3 Oktober 2015 16.39 delete

Mbk sudah pernah nanya juga kah ke mereka apakah mereka menggunakan mirin atau sake atau sejenisnya tidak?

Reply
avatar
3 Oktober 2015 17.09 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar