LAST MINUTE

12.35


photo by epicplay2013.thatcamp.org

Saya tuh orangnya Indonesia banget ya, cuma Indonesia bangetnya kali ini bukan untuk ditiru. Kenapa? Karena sebenarnya ini nggak banget n nggak boleh dibiar-biarin. Apa sih yang Indonesia banget itu? Ini dia salah satu “Indonesia Banget” yang menempel di diri saya : suka mengerjakan sesuatu di menit-menit terakhir alias last minute. Iya, orang Indonesia itu suka banget kerja di hari-hari terakhir alias mepet. Saya pernah tuh ngobrol sama salah satu GM Hotel bintang lima di Medan yang orang bule. Saya tanya gimana rasanya kerja di Indonesia. Dia bilang asik sih, cuma awalnya tertekan banget karena menurutnya orang-orang Indonesia itu suka banget kerjanya di menit-menit terakhir. Pernah mereka menjalin kerja sama dengan pihak pemerintah untuk penyelenggaraan pertemuan international di kota Medan. Tuh GM ngeluh, katanya, tuh pemerintah selain mintanya murah, juga mintanya macem-macem. Udah gitu, pihaknya udah sering tanya-tanya ke pihak govermentnya, apa-apa aja yang dibutuhkan, soalnya kan takutnya ada kebutuhan-kebutuhan yang mereka nggak punya stock dan nggak ada di Medan, jadi harus didatangkan dari Jakarta atau bahkan dari luar negeri, secara itu event internasional dan pesertanya banyak dari luar negeri. Tapi tuh GM nggak pernah dapat jawaban dari government. Mereka selalu mengulur-ulur, nanti dulu… nanti dulu, gitu katanya. Padahal lagi ya, menurut si GM, idealnya untuk event sebesar itu, pihak hotel harus sudah tahu setahun atau minimal setengah tahun sebelum event. Atau H-3 Bulan deh semepet-mepetnya. Jadi kalau ada kekurangan ataupun kendala dalam persiapan, masih ada waktu untuk memperbaiki. Lah ini sampe H-1 bulan ditanya juga jawabannya masih nanti dulu. Ya elaaah.. si GM sampe pusing, soalnya kan kalau sampai pihaknya nggak bisa menyediakan apa yang dibutuhkan sebagai keperluan kegiatan, yang jelek bakal nama hotelnya (dan sebenarnya nama Medan dan Indonesia juga. Secara ini event internasional. Cuma kayaknya pemerintah kita yang nggak paham hal tersebut).

Nah, tadi tuh saya barusan ngalamin kejadian yang buat saya jadi teringat ama cerita yang barusan saya ceritakan di atas itu. Jadi kan, hari selasa saya dapat undangan dari konsulat negara tetangga untuk conferensi pers hari jumat. Di email undangan tersebut dibilang kalau konfirmasi kedatangan paling lambat hari kamis. Nah, sayanya mikir, ntar aja deh dibalas, tanya dulu ama fotographer, dia bisa ikut apa nggak. Kalau bisa biar bisa dikonfirmasi brapa orang yang datang. Jadi saya cuekin lah itu email sampai hari ini. Soalnya saya baru nanti sore ketemu si fotographer, lagian besok juga masih bisa konfirmasinya.

Eh tadi barusan saya ditelfon, ditanya udah baca email mereka belum, kok belum konfirmasi. Teweweeew… saya langsung nebak, pasti deh mereka ini mikirnya sama kayak GM yang saya ceritakan tadi kalo orang Indonesia itu last minute banget, jadi harus sering-sering diingetin. Buru-buru deh saya balas itu email dan bilang kalau kami bakal datang.

Yeaapss.. terlepas dari alasan saya kalau belum ketemu si fotographer makanya belum konfirmasi, saya akui kalau saya tuh termasuk orang yang last minute kalau ngerjain sesuatu. Nggak tau deh kenapa gituh. Dulu daftar SPMB pas kuliah, hari terakhir. Sampe pulangnya jam dua belas malam dari Unimed karena hari terkahir dan banyak juga yang daftar di hari itu. Setelah lulus SPMB, giliran daftar ulangnya juga hari terakhir, pas mahasiswa laen udah baris di lapangan bola buat ngikutin pembekalan, saya santai baru berangkat dari kampung dan belum tau mau nginap dimana (belum nyari kos juga loh). Nyampe Medan langsung daftar ulang dan nggak ikut pembekalan deh. Pas kuliah, ngerjain tugas juga selalu di malam terakhir. Besoknya dikumpul baru deh malamnya begadang, beneran SKS banget dah (Sistem Kebut Semalam maksudnya). Terkadang malah disitu mau dikumpul, disitu saya sibuk nulis cepat-cepat. Padahal sebenarnya itu tugas yang dikasi di awal semester, jadi ada banyak waktu untuk mengerjakannya sebenarnya. Nah, tamat kuliahnya juga last minute loh, saat-saat terakhir n tinggal ketuk palu DO nya aja, ckckkckk… ya walaupun saya punya alasan tersendiri kenapa sampai lama banget nyelesain kuliah saya, tetap saja no..no..no jangan ditiru ya hehehe :D

Urusan kirim mengirim email juga saya sering banget last minute. Ikut lomba yang materi lombanya dikirim via email dan paling lambat pukul 24.00, saya pasti bakal ngirim di detik-detik menjelang jam segitu (lha wong ngerjakannya juga baru malam itu).

Dulu pas masih nge-EO. Kami suka banget ngerasa nggak siap pas udah dekat hari H acara. Persiapannya nol besar tapi harinya udah dekat. Jadi pengennya tuh acaranya dimundurin. Saya inget banget teman saya si Yoeger bilang kira-kira begini : “Percuma juga dimundurin, karena mau dikasi waktu seminggu lagi ataupun sebulan lagi, tetap aja kita ngerjainnya pasti tiga hari sebelum acara.” Gitu katanya, dan saya setuju itu xixixiii.

Masih banyak hal-hal last minute lain yang saya alami. Rasanya kok ya ada sensasi tersendiri kalau ngerjainnya di akhir-akhir gituh. Trus biasanya otak saya justru bekerja fokus dan maksimal kalau sudah mepet gituh. Saya sih bilangnya the power of kepepet (eh ada buku berjudul itu kalau nggak salah). Tapi dalam pekerjaan, saya sebisa mungkin ngilangin sifat last minute saya ini. Kalau biasanya nunggu instruksi dari atasan, sekarang saya yang sering nanya ke beliau, kapan rapat proyeksi, apa-apa aja yang mau diangkat bulan depan. Kalau ada narsum tetap yang selama ini selalu di akhir bulan interview nya, sekarang saya sering-sering ingetin buat segera atur schedule sebisa mungkin sebelum tanggal 20 tiap bulan (walaupun tetep aja lewat dari tanggal itu). yah, walaupun secara pribadi saya masih suka nunda-nunda pekerjaan, tapi untuk urusan pekerjaan, saya usahakan tepat waktu. Bukan apa-apa, kita kerja tim coyyy… saya kan nggak enak kalau gara-gara kesalahan saya, satu tim kena tegur.

Alhamdulillah nya ini ya (dan selalu saya syukuri), walaupun sering fokusnya justru di menit-menit terakhir, sejauh ini Alhamdulillah belum ada kejadian yang berantakan karena kebiasaan last minute saya ini, dan semoga jangan sampai ada yang berantakan, amin!

Btw, ada yang suka ngerjain sesuatu last minute kayak saya?

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
30 Oktober 2014 22.07 delete

Kadang2 aku suka last minute juga ngerjain sesuatu terutama kalo pas kurang mood. Justru "the power of kepepet" itu kadang2 juga jadi booster biar bisa ngerjakan sampai tuntas... hehehe. Jangan ditiru loh ya !

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
2 November 2014 10.19 delete

loh... kak molly suka last minute juga,,, nggak boleh ditiru sifat kita yang satu ini ya kan kak :)

Reply
avatar
13 November 2014 13.39 delete

hobby kita hampir sama haha

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
14 November 2014 09.36 delete

iya mbak Noni :)
wah... ini kita bertiga sama-sama suka last minute, nggak banget euy hahhahaaa...

Reply
avatar