TEMPAT YANG INGIN DIKUNJUNGI DI TAHUN 2018

15.36
tempat yang ingin dikunjungi di tahun 2018
Tempat yang ingin dikunjungi di tahun 2018

Tempat Yang Ingin Dikunjungi di Tahun 2018 : Judul post saya kali ini sebenarnya adalah tema tulisan untuk tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN. Tadi malam pas buka facebook nggak sengaja saya baca postingan di grup IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis – Interaktif) tentang program bernama satu hari satu karya ini.


Saya yang emang lagi muealessaaan banget nulis blog ini pun ya kok tertarik buat ikutan. Sekalian buat ngebiasain diri nulis rutin lagi.


So, jadilah saya ikutan. Tema hari pertama ini saya pilih tema traveling. Jadi mereka itu udah nyiapin beberapa pilihan tema untuk kita pilih dan kita tulis tiap harinya. Ada tema traveling, parenting, beauty, kesehatan, dan makanan. Kitanya bebas milih yang mana dan boleh ganti-ganti temanya.


Tempat yang Ingin Dikunjungi Di Tahun 2018, ini berasa resolusi traveling nih buat yang hobi ngetrip. Tapi kalau ngomongin resolusi, taon ini justru saya nggak ada nulis resolusi apapun. Bukan berarti saya lagi down atau pesimis ya. Cuma emang ya lebih ke enjoy my live and di do what I love aja.


Etapi kalau ditanya tentang tempat yang pengen saya kunjungi ya banyaaaaak,,, tapi buat tahun ini kayaknya yang dekat-dekat aja kali ya.


Jadi, apa aja sih tempat yang pengen saya kunjungi di tahun 2018 ini? Nih saya bagi ke kalian, siapa tau ada yang niat ngetraktirin saya ke salah satu tempat tersebut ehehheee,,


1. Barus
Barus adalah salah satu daerah yang berada di wilayah administratif Sumatera Utara.  Merupakan salah satu kecamatan di Tapanuli Tengah. Walaupun orang Sumut, tapi saya memang belum pernah mengunjungi daerah Tapanuli, baik itu Tapanuli Tengah maupun Utara. Jadi memang dari taon lalu itu saya pengen kesini. Kenapa?! Ya, karena tertarik aja sih, secara Barus kan kota tua yang konon merupakan tempat dimana peradaban islam di Nusantara bermula.


Mmm… selain itu ada alasan lain sih, saya ingin memungut jejak seseorang disana. Iya seseorang yang… ah sudahlah, tiba-tiba saya tidak ingin membahasnya lebih jauh :D


2. Pulau Berhala
Pulau Berhala merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Letaknya di Selat Malaka, laut yang memisahkan daratan Malaysia dan Indonesia.


Sebenarnya saya sudah pernah mengunjungi Pulau Berhala, tapi udah lama sih, tahun 2012 lalu. Tak ada alasan khusus kenapa saya ingin kesana selain karena memang dulu waktu kesana belum banyak eksplore pulau maupun keindahan bawah lautnya. Juga belum sempat naik ke menaranya. Tahun ini saya berharap bisa berkunjung ke Pulau Berhala lagi. Apalagi kalau bisa mancing di perairannya, mungkin akan lebih menyenangkan :)


3. Danau Toba
Sebenarnya Danau Toba termasuk tempat wisata yang sering saya kunjungi. Awal Desember taun lalu juga baru dari sana. Tapi buat saya Danau Toba memang punya magnet. Makanya pengen kesana lagi dan lagi.


Tahun ini pun Danau Toba masih jadi tempat yang ingin dikunjungi di tahun 2018 ini. Tapi bedanya kali ini saya pengennya stay aja di penginapan.


romlan guesthouse
2018 pengennya ke Danau Toba itu cuma buat leyeh-leyeh di penginapan
Biasanya kalau ke Danau Toba itu kan saya urusan kerjaan, atau ya jalan-jalan bareng temen. Kalau urusan kerjaan yang otomatis fokus ke kerjaan. Kalau urusan jalan-jalan sama temen ya karena semangat banget explore tempat-tempat kece di sekitar malah urusan nyantai dan tidur justru terabaikan.


Nah gara-gara taon kemarin saya nginep di salah satu guest house yang tempatnya asik, jadinya saya pengen kesana lagi. Nama penginapannya Romlan Guesthouse. Kamarnya sih sederhana aja ya, bukan ala-ala hotel berbintang. Tapi saya suka sama suasana di sana. Penginapan di pinggir danau dengan pemandangan danau dan perbukitan di seberang sana, juga sebuah pohon besar yang bikin teduh. Duduk santai baca novel di pinggir danau sambil menikmati teh atau kopi pasti bakal mengasikkan banget.

Baca juga : Romlan Guesthouse : Penginapan Murah dan Bersih di Tuk-Tuk, Samosir

So, tahun 2018 ini saya berharap bisa ke Danau Toba lagi, khusus nginap beberapa hari leyeh-leyeh di Romlan Guesthouse.



4. Pantai Gigi Hiu – Lampung
Pertama liat foto Pantai Gigi Hiu dan tau kalau ternyata itu adanya di Indonesia, saya sungguh tak menyangka. Lebih tak menyangka lagi kalau itu adanya di Sumatera. Saya jadi mupeng dong pengen kesana. Melihat dari dekat batu-batu karang menjulang tinggi dan ombak besar yang menghempas-hempasnya. Keren badaiii!


5. Air Terjun Binangalom
Air terjun ini adanya di Danau Toba. Jangan mikir Danau Toba cuma menawarkan kubangan air super besar doang yei.. karena sebenarnya ada banyak kecantikan tersembungi dari danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba ini. Salah satunya air terjun Binangalom ini. Yang bikin unik, air terjun ini airnya langsung jatuh ke danau. Jadi kita melihatnya juga dari atas kapal boat di danau.

keindahan danau toba
Danau Toba

Saya belum pernah kesini karena kalau kesini musti sewa kapal atau ikut trip dari travel organinizer. Awal Desember kemarin sebenarnya mau kesini sih, tapi karena ada suatu kendala jadinya kita cuma nginap di Parapat dua malam, maen ke Desan Siallagan dan mengunjungi Tomok.


6. Tangkahan
Percaya nggak percaya saya itu belum pernah ke Tangkahan. Padahal kalau turis Eropa yang maen ke Sumut biasanya wajib ke Tangkahan. Emangnya apa sih yang ditawarkan Tangkahan? Tak lain tak bukan adalah suasana alam yang asri dan melihat dari dekat gajah-gajah yang ada disini.


Entah karena apa, saya selalu gagal tiap mau ke Tangkahan. Sejak jaman-jaman kuliah dan aktif berorganisasi. Sampe sekarang selalu aja gagal tiap mau ke Tangkahan. Udah nanya sana sini info penginapan dll, udah ditentuin tanggal berangkat, eh ya tetep gagal.


Terakhir pas akhir tahun kemarin, ada salah satu cottage disana yang nawarin buat taon baruan disana, akomodasi dan segala keperluan mereka yang tanggung. Sayanya tinggal bawa badan aja. Saya mupeng banget mau ikut tapi nggak bisa karena lagi dalam perjalanan pulang kampung. Sudah janji ama keluarga mau ngumpul di pergantian tahun.


Yang bikin tambah nyesek, pihak cottagenya malah minta tolong cariin temen blogger yang bisa diajak taon baruan baeng mereka. Huuaaa…. Walaupun saya sedih nggak bisa ikut tapi ya akhirnya saya sanggupi juga permintaan mereka. Kemudian nyesek pas liat foto-foto temen-temen blogger Medan yang kesana hahahhaha
So, taon 2018 ini doakan saya jadi ke Tangkahan yaaak :D


7. Tanjung Balai Karimun
Jujur saya nggak tau pengalaman berwisata seperti apa yang ditawarkan di Tanjung Balai Karimun. Saya tak pernah browsing di internet tentang daerah ini. Tapi saya penasaran aja pengen kesana. Iya, kadang keinginan saya itu suka aneh. Sering saya pengen ke suatu tempat bukan karena tempat tersebut terkenal dengan spot wisatanya, tapi yak arena saat mendengar namanya saya penasaran dan pengen kesana.


Biasanya kalau sudah begitu saya justru tak mau mencari banyak info tentang tempat tersebut di google. Saya cenderung membiarkan rasa penasaran dan keinginan mengunjungi itu hingga mendekati waktu hendak kesana saat ada kesempatan, baru deh cari infonya.


Keinginan saya mengunjungi Tanjung Balai Karimun murni karena penasaran saat mendengar namanya. Namanya adalah gabungan dari 2 tempat yang pernah saya kunjungi : Tanjung Balai dan Karimunjawa. Kedua tempat itu sudah pernah saya kunjungi, Tapi Tanjung Balai Karimun saya sama sekali belum pernah dan belum tau seperti apa rupanya.

karimunjawa
Waktu maen ke Karimunjawa


Selain Tanjung Balas Karimun, ada beberapa tempat yang ingin saya kunjungi bukan karena spot wisatanya, tapi karena rasa penasaran akan suatu hal. Seperti Timor Leste. Saya ingin mengunjunginya karena penasaran seperti apa kehidupan masyarakat di negara tersebut setelah melepaskan diri dari Indonesia. Saya pengen ke Suriname karena penasaran katanya zaman dulu banyak orang Jawa yang dikirim kesana.


Oya, saya juga penasaran pengen mengunjungi negara Lithuania hanya karena menurut saya namanya mirip dengan kata Tuathina, sebuah negara fiksi yang menjadi setting novel-novelnya Mimosa Q. Pertama kali membaca novel Selendang Merah Tuathina karya Mimosa Q, saya berpikir bahwa negara itu benar-benar ada. Dalam pikiran saya, Tuathina adalah Lithuania hahhahhaa…. Sekarang walaupun udah tau kalau Tuathina itu cuma tempat fiksi, tapi saya justru tetap penasaran dan suatu saat ingin mengunjungi Lithuania.


Hmm… sebenarnya masih banyak tempat yang ingin saya kunjungi. Saya tertarik sama Banda Neira dan tempat-tempat lainnya di wilayah timur Indonesia. Tapi untuk 2018 mungkin sekitaran Sumatera dulu kali ya.


Oke deh, sekian tulisan saya tentang Tempat Yang Ingin Dikunjungi di Tahun 2018, doain kesampaian ya gaes, ehehheee… eh kalau kalian, tempat mana aja nih yang pengen dikunjungi di 2018? Share di kolom komen ya :)


Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »