SAAT IMPIAN TAK JUA JADI KENYATAAN

PEREMPUAN NOVEMBER DIAH SIREGAR
Foto : Perempuan November


Saat Impian Tak Jua Jadi Kenyataan - Artikel Motivasi : "Inginnya sih jadi pengusaha sukses, tapi entah sudah berapa kali saya mencoba berwirausaha tapi gagal."

"Katanya kalau kita sungguh-sungguh akan mendapat hasil yang baik. Kok saya masih gagal juga?"

"Capek nganter lamaran kerja terus. Apa saya nyerah saja ya?"

Seringkali kalimat demikian kita dengar dari teman, saudara yang sedang putus asa karena impiannya tak juga tercapai. Bahkan mungkin, suatu ketika kita yang mengucapkan kalimat-kalimat senada.

Hidup haruslah memiliki impian. Dan untuk mencapai impian, seringkali kita berada pada titik di mana segalanya terasa sangat sulit untuk diraih. Lelah berusaha namun cita-cita belum tercapai. Merasa sudah melakukan yang terbaik dan sungguh-sungguh namun tetap saja sukses belum diraih. Ketika berada pada kondisi tersebut, reaksi tiap orang berbeda-beda. Ada yang berhenti sejenak dan mencoba lagi, ada yang terus mencoba, namun sangat banyak yang berhenti dan membiarkan impiannya terbang tanpa sempat menjadi kenyataan.

Norman Vincent Peale dalam Liong (2009: 03) mengatakan, "Setiap kenyataan yang kita hadapi tidaklah sepenting sikap kita terhadap kenyataan itu, karena cara pandang kitalah yang menentukan kesuksesan atau kegagalan."

Cara pandang. Yah, cara pandang yang membedakan orang sukses dan orang gagal. Ketika berada pada kondisi di mana impian tak jua jadi kenyataan, orang gagal menganggap hidup sebagai sesuatu yang amat berat dan penuh risiko. Hidup tak lebih hanya buaian impian-impian kosong. Maka ia pun membuang mimpinya dan berhenti berusaha. Mereka memutuskan menjalani hidup sebatas menjalani apa yang ada, bahkan ada yang lari menghindarinya. Orang sukses justru memandang sebaliknya. Hidup adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Meski penuh rintangan, tapi justru rintangan itulah yang membuatnya bersemangat.

Orang sukses menikmati tantangan-tantangan yang ada di hadapannya. Kegagalan adalah jalan yang menuntun mereka pada kesuksesan di masa depan, begitulah orang-orang sukses memandang kegagalan.

Cara pandang seseorang terhadap sesuatu mendasarinya untuk berpikir tentang sesuatu tersebut. Jika cara pandangnya terhadap sesuatu itu positif, maka ia akan berpikir dan bertindak positif pula.

Begitulah, kegagalan akan membawa dampak berbeda pada tiap orang. Apakah kegagalan itu akan membuat seseorang semakin kuat dan meraih sukses atau justru menjadikannya lemah dan berhenti berjuang? Semua tergantung cara pandang tiap orang terhadap kegagalan tersebut. Jadi, bagaimana kamu memandang kegagalan-kegagalan yang kamu alami? Semua tergantung kamu. Yang harus diingat adalah: cara pandang kita terhadap sesuatu hal akan memengaruhi pikiran dan tindakan kita yang artinya juga berpengaruh pada sukses atau gagalnya kita dalam menjalani kehidupan.

* April 2012
NB : Dimuat di rubrik Taman Remaja Pelajar, Harian Analisa, Minggu 22 Februari 2015

Share:

11 komentar

  1. Balasan
    1. Kasus sederhananya, gimana cara pandang ente terhadap adek itu, akan berpengaruh terhadap sikap ente ke dia :D

      Hapus
  2. mba juga harus mengganti cara pandang nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Non, katanya sih, hidup itu tergantung dari bagaimana kita memandangnya :)

      Hapus
  3. Kegagalan membuka jalan menuju kesuksesan. Cara pandang juga bisa mengubah kita menuju kesuksesan dan impian yang ingin di capai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, cara pandang memiliki banyak peran dalam menentukan sukses tidaknya seseorang :)

      Hapus
  4. pandangannya harus lurus ya mba',, ngga' bole nole ke kiri dan ke kanan gitu? hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya boleh dong, lihat kiri kanan atas bawah depan belakang. harus dilihat juga supaya tahu dimana letak peluang kita :)

      Hapus
  5. kalau cara pandangku selalu ditentang orang tua, aku kudu piye? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibicarakan baik-baik mbak, utarakan alasan kenapa mbak mikirnya demikian. Dan buktikan kalau cara pandang mbak itu nggak keliru :)

      Hapus
  6. FBS Markets Inc Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi trading forex online

    dengan sistem aman dan terpercaya yang telah digunakan oleh jutaan klien di seluruh dunia. Kami juga

    memudahan client untuk bertransaksi finansial seperti penyetoran dan penarikan dana ke akun trading

    melalui sistem transfer Bank lokal Indonesia.

    Layanan terbaik kami:
    - Rebate FBS Terbesar hingga

    72 USD / Lot
    - Layanan Deposit dan Withdraw seluruh bank lokal Indonesia
    - Promo dan Bonus FBS

    FBS Indonesia | FBS Markets Inc Indonesia | Rebate FBS Terbesar | VIP Partner FBS
    www.fbsmarketsinc.com

    BalasHapus